Jacksen F. Tiago, Pemain dan Pelatih Asing Tersukses di Indonesia

Kecelakaan Membawa Berkah

Jacksen F. Tiago, Pemain dan Pelatih Asing Tersukses di Indonesia
Jacksen F. Tiago, Pemain dan Pelatih Asing Tersukses di Indonesia
BANYAK pemain asing yang sanggup membawa tim menjadi juara di pentas sepak bola Indonesia. Ada juga pelatih asing yang sukses mempersembahkan gelar bagi timnya. Tapi, pencapaian Jacksen F. Tiago melebihi itu semua.

Arena Liga Indonesia (Ligina) mencatat banyak nama pemain asing yang menghadirkan gelar bagi tim yang dibelanya. Sebut saja, Luciano Leandro yang menyumbangkan gelar juara bagi Persija Jakarta. Begitu juga pula dengan Christian Gonzalez bersama Persik Kediri. Terbaru, pilar-pilar seperti Zah Rahan maupun Keith Kayamba Gumps membawa pulang trofi juara ke bumi Palembang bersama Sriwijaya FC.

Sergei Dubrovin tak mau ketinggalan kereta sebagai ekspatriat yang sukses di Ligina. Sejarah juga dicatatnya kala menjadi pelatih asing pertama yang sanggup membawa sebuah tim menjadi kampiun Ligina. Gelar tersebut dia peroleh saat mengarsiteki Petrokimia Putra Gresik pada 2001/2002.

Namun, apa yang ditorehkan para ekspatriat tersebut hanya terjadi di satu bidang. Luciano, Gonzales, maupun Kyamba hanya sukses sebagai pemain. Mereka belum pernah sekalipun mempersembahkan juara sebagai arsitek tim.

BANYAK pemain asing yang sanggup membawa tim menjadi juara di pentas sepak bola Indonesia. Ada juga pelatih asing yang sukses mempersembahkan gelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News