Minggu, 20 April 2014 | 00:04:40
Home / Ekonomi / Makro / SBY Minta Gubernur Bantu Koperasi

Minggu, 13 Juli 2008 , 09:28:00

Presiden SBY dan Ny Ani Yudhoyono saat menghadiri puncak acara HUT Koperasi. Foto: Agus Srimudin/JPNN
Presiden SBY dan Ny Ani Yudhoyono saat menghadiri puncak acara HUT Koperasi. Foto: Agus Srimudin/JPNN
RELATED NEWS

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakin koperasi bisa membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan, keterbelakangan ekonomi, dan pengentasan permasalahan sosial di tanah air. SBY minta jajaran pemerintah dari pusat hingga daerah, terutama gubernur, bupati, dan walikota agar membantu mengembangkan koperasi, usaha kecil dan menengah di daerah masing-masing.
”Kepada seluruh pemerintah pusat dan daerah, termasuk gubernur, bupati, dan walikota agar bisa membantu mengembangkan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Kalau kemiskinan ingin berkurang, bantulah dan galakkan koperasi. Kalau pengangguran ingin berkurang bantulah dan kembangkan koperasi. Kalau rakyat saudara ingin berkembangan dan produksinya baik kembangkan koperasi,” papar SBY dalam sambutannya pada puncak peringatan hari koperasi ke-61 tahun 2008 di Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (12/7).
SBY mengaku bangga bisa bertemu dengan keluarga besar koperasi dan Dekopin (dewan koperasi Indonesia) dari seluruh Indonesia yang berkumpul di Gelora Bung Karno. ”Hari ini kita bersyukur karena bersama-sama memperingati hari koperasi ke-61 tahun 2008. Atas nama negara dan pemerintah saya mengucapkan selamat hari koperasi. Semoga koperasi di Indonesia terus berkembang dan semakin berdaya,” tukasnya.
Pada kesempatan itu, SBY juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada keluarga besar koperasi yang telah ikut memajukan ekonomi kerakyatan bangsa Indonesia. ”Koperasi bukan hanya membawa manfaat secara ekonomi, tetapi juga secara sosial juga rasa keadilan. Ini sesuai dengan tujuan pembangunan dan kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Koperasi adalah tiang, pilar, dan sokoguru ekonomi Indonesia,” cetusnya.
Disebut SBY, koperasi menjalankan sistem ekonomi terbuka dan berkadilan sosial. Koperasi juga bisa mengatasi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh pasar. ”Oleh karena itu mari kita giatkan terus kegiatan koperasi bersama-sama negara dan swasta. Saya menilai koperasi serta usaha kecil dan menengah adalah yang paling efektif di dalam mengurangi kemiskinan, Koperasi adalah yang paling tepat dalam peningatkan rakyat di negeri kita ini. Peran koperasi dalam mengatasi dan memberikan jalan keluar dalam mengatasi krisis pangan di Indonesia. Koperasi telah melakukan kegiatan kongkrit.”
Menurut presiden, koperasi merupakan usaha yang sangat tepat, sebab negara yang maju juga melakukan kegiatan yang semacam itu. ”Mari kita kembangkan dan usahakan untuk pengembangan koperasi kita. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih dan penhargaan kepada Dekopin di seluruh Indonesia, atas kiprah dan perannya dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, meningkatan produktifitas pangan, mengembangkan ekonomi kreatif. Dekopin telah menjadi bagian dari solusi bukan bagian dari masalah. Dekopin sudah menunjukkan kerja nyata bukan hanya wacana. Ajak yang lain untuk juga berprestasi dan mencapai capaian setinggi-tingginya,” bebernya.
Untuk diketahui, Presiden dan Ny Ani SBY memasuki tribun utama Gelora Bung Karno pukul 15.33 Wib. Dalam acara itu, SBY memberikan penghargaan satyalancana wirakarya kepada Walikota Sumatera Barat Irman Nur, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pinrang Sulsel Dja'far Esfa. Juga memberikan satyalancana pembangunan kepada Walikota Tomohon, Sulawesi Utara, Jefferson Soleman, dan Bupati Malang Jawa Timur Sujud Pribadi.
Selain itu, ada 10 UKM dan 15 Bupati dan Walikota yang menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali. Hadir pula dalam acara itu para menteri kabinet Indonesia Bersatu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Adi Sasono, Gubernur DKI Fauzi Bowo, para bupati/walikota yang menerima penghargaan dari Presiden SBY dan Menteri Koperasi, serta sekitar 30 ribu undangan.
Acara dimeriahkan oleh atraksi terjun payung dari korps TNI, marching band, paduan suara Dekopin, serta beragam hiburan lainnya. ”Kita harapkan acara ini bisa menjadi penyemangat dalam menggerakan perkoperasian Indonesia, menyongsong 100 tahun kebangkitan nasional,” terang ketua Dekopin Adi Sasono.
Katagori bakti koperasi diberikan Menkop kepada Syafik Umar dari Bandung, Jawa Barat. Untuk provinsi penggerak koperasi diberikan kepada Gubernur Jawa Timur H Imam Utomo S. Sementara, untuk katagori kabupaten penggerak koperasi diberikan kepada Kabupaten Kulon Progo H Toyo Santoso Dipo. Katagori kota penggerak koperasi diberikan kepada Walikota Bau Bau, Sulawesi Tenggara MZ Amirul Tamin.
Masih adalagi katagori koperasi berprestasi simpan pinjam Kopdit Sinar Harapan, Kabupaten Ngada, NTT. Katagori berprestasi jenis konsumsi kepada Koperasi Pegawai Pemda DKI, DKI Jakarta. Katagori berprestasi jenis produsen diberikan kepada KUD Penerus Baru, Tapin, Kalimantan Selatan. Kemudian, katagori berprestasi jenis pemasaran kepada KUD Sumber Rejo, Pasuruan, Jawa Timur. Katagori koperasi berprestasi jenis jasa kepada Koperasi Jasa Kelistrikan Bali, Kota Denpasar, Bali. Dan katagori koperasi penerima Award diberikan kepada Kopkar PT Pupuk Kalimantan Timur, Kota Bontang, Kalimantan Timur.
Sementara, untuk penerima tanda kehormatan satyalancana wira karya berdasarkan Keppres No 019/TK/2008 diberikan kepada Walikota Sawahlunto Sumatera Barat Amran Nur, ketua KUD Sejahtera kabupaten Bungo Jambi HA Hamid Kadir, ketua primer Koperasi AU (primkopau) Mabes AU Cilangkap DKI Jakarta Abdullah Fathoni, bendahara KUD Sido Subur Samingaluh Kulon Progo DI Yogyakarta Gino Dwi Harsono, ketua koperasi wanita sekar karting Jember Jawa Timur Nuryani, manajer KSP Citra Mandiri Denpasar Bali I Wayan Sudarta, ketua KUD Kayu Tangi Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan H Mawardi Abbas, kepala Dinas koperasi dan UKM kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan Djafar Esfa D, dan ketua KUD Tunas Sari, Kabupaten Muda, Sulawesi Tenggara La Saemuna.
Untuk katagori penerima penghargaan satyalancana pembangunan berdasarkan Keppres No 020/TK/2008 diberikan kepada Bupati Simalungun Sumatera Utara T Zulkarnain Damanik, Bupati Paseman Sumatera Barat H Yusuf Lubis, Walikota Pekanbaru Riau H Herman Abdullah, Bupati Rokan Hulu Riau H Achmad, Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) Sumatera Selatan H Herman Deru, Bupati Rejang Lebong Bengkulu Suherman, Bupati Tasikmalaya Jawa Barat HT Farhanul Hakim, Bupati Karanganyar Jawa Tengah Hj Rina Iriana Sri Ratnanigsuh, Bupati Madang Jawa Tengah Sujud Pribadi.
Penerima lainnya, Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Abang Thambul Husin, Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan Sjachrani Mataja, Walikota Tomohon Sulawesi Utara Jefferson Soleman Montesque, Walikota Palopo Sulawesi Selatan H Patudungi Andi Triajeng, Walikota Ternate Maluku Utara H Syamsir Andili, dan ketua TP PKK Kabupaten Kerinci Jambi Hj Djasri Murni Fauzi. (gus/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar