Minggu, 26 Oktober 2014 | 02:38:20
Home / Nasional / Humaniora / Eselon III dan IV Dihapus dari Jabatan Struktural

Rabu, 16 November 2011 , 17:13:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menghapus  jabatan eselon tiga dan empat dalam struktur organisasi. Sebagai pilot project, Kementerian PAN&RB akan mulai memberlakukannya tahun depan.

"Tahun depan, akan kita hapus jabatan eselon tiga di Kementerian PAN&RB. Untuk eselon IV, Kementerian PAN&RB bersama-sama Kementerian BUMN dan Bappenas telah meniadakannya sejak tahun ini," kata Menpan&RB Azwar Abubakar dalam konpres di kantornya, Rabu (16/11).

Dengan penghapusan jabatan eselon III dan IV ini, konsekuensi yang harus ditempuh pemerintah adalah memberikan kenaikan tunjangan fungsional pada pegawai. Besarannya pun setara jabatan struktural.

"Jadi kalau pejabat eselon III dan IV yang menjadi tenaga fungsional akan menerima tunjangan sebesar tunjangan strukturalnya. Kenapa kita lebih memperbanyak jabatan fungsional karena kita ingin PNS lebih profesional dan ahli di bidangnya," terangnya.

Meski demikian, penghapusan jabatan eselon III dan IV hanya berlaku di lingkup dirjen maupun deputi. Untuk sekretariat, dua jabatan tersebut masih diberlakukan.

Bagaimana dengan daerah? Deputi Kelembagaan Kementerian PAN&RB Ismadi Ananda menambahkan, pemberlakuannya menunggu selesainya revisi UU Pemda. Saat ini yang menjadi sasaran utama adalah instansi pusat.

"Daerah juga nanti akan diberlakukan itu, tapi masih menunggu revisi UU Pemda selesai biar bisa disinkronkan. Selain itu perlu dibahas tentang tunjangan fungsionalnya. Kalau jumlahnya lebih sedikit, pasti banyak yang tidak mau kan. Makanya harus dikaji dulu," tandasnya.(Esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        04:11
        cheap seo services
        8ipKyy A round of applause for your blog post.Thanks Again. Much obliged. From mobile
      2. 07.04.2014,
        00:18
        best money here
        tzCSM0 Thanks for sharing, this is a fantastic blog post.Thanks Again. Fantastic. From mobile
      3. 25.11.2012,
        11:10
        Awhies
        jempol buat MenPAN&RB, biar gak ada lagi pegawai malas, pejabat mbalelo, serta interfensi politik yang meresahkan pegawai tingkat bawah. Memang sdh saatnya Birokrasi di reformasi, Ayo MenPAN tunjukkan taringmu... From mobile
      4. 25.08.2012,
        00:24
        Rudy
        Mau dihapus atau ndak sama saja, yg penting gajinya PNS memadai per bulan. Jabatan juga jadi mainan aja bagi penguasa selagi berkuasa.
      5. 12.07.2012,
        07:43
        jamal
        aku khawatir, ada ezln yg tdk dapat tunjangan fingsional. tdk bisa lagi bayar tagihan2.aduh pak jadi masalah besar.kayaknya udah bagus yg skrg
      6. 24.01.2012,
        21:01
        abdi negara
        Rencana itu bagus sekali,untuk Daerah perlu juga diberlakukan itu krn banyak eselon III
      7. 09.12.2011,
        15:02
        Blantara
        agar reformasi birokrasi jalanya cepat, jabt fungsional tekn didorong berperan pd substansinya, dan selain jabt strukt sekretariatan dihapus.
      8. 21.11.2011,
        06:49
        stev
        Rencana ini sangat bagus tetapi ada beberapa hal yg perlu d lakukan sebelum d terapkan yakni :
        1. Buatlah PP, Perka,juknis, tentang jabatna fungsional kepada daerah untuk di jadikan panduan.
        2. lakukan pemetaan jabatn fungsional untk daerah dan pusat secara jelas.
        3. dari 114 jabatn fungsional saat ini, PNS daerah tdk tau mana yg menjadi jabatan nya,TUPOKSI nya pun tdk jelas.
        4.perlu juga mengidentifikasi tetang beberapa jabatn yg memiliki beban kerja yg beresiko tinggi,janggungjawab besar, dan pemisaahan pekerjaan yg menggunakan fisik tetapi mereka mendapatkan tunjanan sangat kecil.

        Hal ini perlu d lakukan sehingga tdk terjadi kendala dalam tugas,tunggung jawaba,tata kerja, tunjangan dll.
      9. 18.11.2011,
        17:04
        Marlian
        Rencana itu jg bgs, tp gk usah buru2 krn dpt berdampak negara ini lbh carut marut. Yg sngt mendesak sa'at ini adlh bgmn sistem pembinaan karier pegawai negeri berjalan tanpa memandang unsur kedekatan alias like and dislike. Kalau semua di fungsionalkan justru tdk ada control berjenjang alias semua jd boss. Krn semua alir tnggng jwb hanya berada di satu tangan ess l dan ll
      10. 18.11.2011,
        16:47
        Marlian
        Rencana itu jg bgs, tp gk usah buru2 krn dpt berdampak negara ini lbh carut marut. Yg sngt mendesak sa'at ini adlh bgmn sistem pembinaan karier pegawai negeri berjalan tanpa memandang unsur kedekatan alias like and dislike. Kalau semua di fungsionalkan justru tdk ada control berjenjang alias semua jd boss. Krn semua alir tnggng jwb hanya berada di satu tangan ess l dan ll