Sabtu, 01 November 2014 | 00:54:04
Home / Nasional / Humaniora / Guru Bantu Swasta Tak Bisa Diangkat CPNS

Jumat, 05 Maret 2010 , 15:26:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA- Para guru bantu yang mengabdi di sekolah swasta tampaknya tak bisa berharap banyak menjadi CPNS. Sebab Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tak bisa mengangkat mereka menjadi CPNS lewat jalur khusus (tanpa tes, red). Para guru swasta ini juga tidak bisa diikutsertakan seleksi dengan guru bantu honorer yang bertugas di sekolah negeri.

"Memang ada permintaan para guru bantu dari sekolah swasta juga diangkat atau disamakan dengan yang di sekolah negeri. Tapi itu tidak bisa dilakukan pemerintah karena mereka diangkat oleh bukan pejabat berwenang dalam hal ini kepala dinas Diknas atau Kementerian Agama," tutur Kabag Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, FX Dandung Indratno yang dihubungi JPNN, Jumat (5/3).

Sesuai peraturan pemerintah lanjutnya, pengangkatan guru bantu atau honorer harus oleh pejabat berwenang. Misalnya guru agama, diangkat oleh kadis Kementerian Agama. Demikian juga guru sekolah negeri diangkat oleh kadis Diknas.

"Masalah guru bantu timbul karena banyak yang pengangkatannya tidak sesuai aturan. Mereka diangkat oleh kepala sekolah atau yayasan sehingga tidak terdata. Kalau yang resmi kan terdata dan digaji oleh pemerintah," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan,  guru bantu swasta ini,  bisa diangkat lewat seleksi pelamar umur dan wajib mengikuti prosedur pengangkatan CPNS. Dimulai dari ketersediaan formasi guru sesuai bidang studi, memasukkan lamaran, seleksi berkas, seleksi tertulis, psikotes, dan pengumuman.

"Beda dengan guru bantu di sekolah negeri. Kalau yang masuk honorer tertinggal (tidak sempat masuk data base) malah diprioritaskan tahun ini. Sedangkan  yang non APBN/APBD, ikut seleksi tersendiri dan tidak disamakan dengan pelamar umum," tandasnya.(esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        06:24
        good backlinks
        USbwbY I truly appreciate this article post.Much thanks again. Great. From mobile
      2. 20.06.2014,
        06:01
        nice penalty removal
        WrTgd4 A big thank you for your blog. Awesome. From mobile
      3. 06.04.2014,
        21:21
        check this out now
        hDRWCS I truly appreciate this blog.Really thank you! Awesome. From mobile
      4. 08.03.2012,
        09:09
        rita
        pak...saya guru bantu di propinsi riau, kenapa anatara sekolah swastadan negeri selalu di anak tirikan, kami sama2 mendidik anak bangsa,kami di seleksi lewat dinas pendidikan pak, bukan sekolah swasta yang mengangkat kami pak, kami di letakkan di sekolah swasta karen kekurangan guru di sekolah swasta, kalau memang kami guru bantu yang ada di swasta tidak di perhatikan a..udah, lebih baik kami guru bantu di letakkan di negeri aja pak, belajarlh lebih banyak pak apa itu guru bantu kalau bapak tidak tahu...sekian, saya harap bapak lebih mengerti dengan kami orang yang rendah ini...jgn selalu menyulitkan kami guru bantu yang di swasta,karena kami di negeri atau swasta sama2 mencerdaskan anak bangsa,kalau tidak karena guru kita dulu mana mungkin kita jadi guru seperti ini, begitu juga pejabat, kalau tidak karena jasa seorang guru mana mungkin bapak bisa senang seperti ini...trims
      5. 14.10.2011,
        22:28
        citonk
        buka mata, hati dan telinga..
        guru bantu juga punya kualitas!
      6. 09.04.2011,
        08:31
        Cardi
        Di DKI Jakarta mana ada Guru Bantu disekolah negeri, GB di Jakarta semuanya di sekolah swasta dan diangkat oleh Kasudin atas nama Menteri Pendidikan Nasional ....Jadi sebenar anda tidak tahu permaslahan GB di Jakarta .....belum ada satu pun GB di Jakarta yang dianggkat CPNS...padahal seperti sdr. Toto sampaikan kita sudah pemberkasan diterima tgl 19 Sep. 2007 oleh Ibu Eban di Dinas Pendidikan DKI Jakarta ...memang mungkin nggak ada keinginan Pemda DKI menyelesaikan maslah GB .....Giman Pak Foke
      7. 26.01.2011,
        12:09
        FX Dandung Pejabat Bejat
        FX Dadung, ente bikin susah guru bantu, anak keturunan ente 7 turunan usah semua!!!
      8. 10.12.2010,
        08:45
        Eddy Sudiyo
        Mereka tdk th ttg maslh Guru Bantu,trmsk Kabag Humas Kementrian PAN,Guru Bantu adalah diangkat oleh Pemerintah dan dibiayai oleh APBN,dan sesuai PP 48 th 2005 jo. PP 43 th 2007,berhaq diangkat CPNS sprt yg dilakukan oleh daerah2 lain,krn memang sesua aturan,tp tdk ntk DKI Jakarta,yang mengganjal habis2an GB untk menjdi CPNS,inilah yg menjadi pkk permaslahan,krn DKI yg mengangkt CPNS adala Gubernur semetara daerah2 lain adalah Bupati,dan DKI mempunya tenaga Honorer yg tlh diangkt oleh Gubernur slth penganktn Guru Bantu,dan mereka disebut PTT dan mengajar di sklh Negeri,dan itulah yg diprioritaskan oleh emprov DKI,jadi kalau ada yg mengatakan Guru Bantu diangkat oleh Kepala Sekolah atau Yayasan,berrt mereka tdk th,siapa itu Guru Bantu. Perjuangan Guru Bantu akan tetap berlanjt smpa ada keputusan yg jelas,paling tidak kalaupun tdk bs diangkt CPNS,honor Guru Bantu hrs diatas UMP,inilah yg hrs diperhatiakan oleh para pengambil kebijakan.Guru Bantu sm haqnya,sgb sosok Pendidik ya tdk beda dg Guru2 PNS,kwaltas dak kredibilatas Guru Bantu tdk perlu diragukan dlm mmbrkn proses Pendidkan di DKI Jakarta,sy atas nama Guru Bantu DKI Jakarta,mengetuk hati para pengambil Kebijaka,JANGAN MELEPAS DAN MELEMPAR TANGGNG JAWAB THD GURU BANTU.SELESAIKAN DAN TANGANI SEGERA (.Eddy Sudiyo S.Pd Ketua Guru Bantu Jaksel dan Pngrs DKI Jakarta ) From mobile
      9. 15.10.2010,
        01:16
        gerry
        Pak Dadung yang terhormat,sebaiknya cermati dulu SK guru bantu,apa bapak belum baca ya ? sudah seharusnya baca pelajari cermati baru menjabat dan komentari yang indah dari pada diomelin banyak orang.Apakah haram pendidikan swasta itu sehingga tidak layak untuk diangkat cpns?Negara ini kalau tidak ada Swasta tidak jadi negara.wong lahirnya negara ini karena kesadaran rakyat swasta unt bersatu perang lawan penjajah merdeka baru terbentuk pemerintahan,kok giliran jadi pegawai pemerintah lupa ama akar dan kulitnya? Ingat Pak ........apakah semua yang dipemerintah itu diandalkan ? dan yang diswasta itu dak dapat diandalkan ?
        AMPUNILAH MEREKA KARENA MEREKA TIDAK TAU APA YANG MESTI MEREKA PERBUAT.
      10. 07.10.2010,
        13:23
        edi
        waduh klo pejabat gak tw begini gimana pendidikan indonesia ini . lebih baik pejabat itu ambil pensiun cepat dec. biar digantikan yang lebih berkepenten.