Eropa Krisis, RI Siap Beli Alat Militer Bekas

Eropa Krisis, RI Siap Beli Alat Militer Bekas
Eropa Krisis, RI Siap Beli Alat Militer Bekas
JAKARTA - Krisis yang dialami sejumlah negara di Eropa dimanfaatkan pemerintah untuk menambah kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista). Rencananya, sejumlah aset militer dari negara-negara Eropa yang dilepas bakal dibeli pemerintah RI.

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan, pembelian senjata dari Eropa tersebut menjadi bahasan dalam rapat terbatas yang tentang pengadaan alutsista TNI dan Polri. "Memang sekarang kekuatan-kekuatan militer mereka (negara Eropa) banyak dikurangi.  Artinya mereka juga akan melakukan penjualan alutsista. Murah sekali gitu lah," katanya usai ratas di Kantor Presiden, kemarin (10/11).

Purnomo menyebut sejumlah negara yang tengah mengencangkan ikat pinggang itu. Antara lain, Jerman, Belanda, Prancis, Italia, dan Spanyol.  Dia mengakui, jika alutsista yang akan dibeli tersebut merupakan barang second alias bekas. "Saya kira second ya, karena mengurangi kekuatan militernya," kata Purnomo.

Beberapa alutsista itu antara lain, Heli Apache, Tank Leopard, dan Main Battle Tank. "Kalau kita upgrade bisa 20 tahun," imbuhnya. Nantinya akan ada tim teknis yang melakukan obesrvasi sebelum melakukan pembelian.

JAKARTA - Krisis yang dialami sejumlah negara di Eropa dimanfaatkan pemerintah untuk menambah kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista). Rencananya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News