Jumat, 31 Oktober 2014 | 00:30:41
Home / Berita Daerah / Riau / BMKG Prediksi Ada Patahan Baru di Riau

Kamis, 05 April 2012 , 22:51:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI memprediksi ada sesar (patahan) lempeng bumi di Provinsi Riau.

"Gempa yang terjadi di Siak kemungkinan akibat adanya patahan baru, tapi belum teridentifikasi," kata Kepala Bidang Informasi Dini Gempa dan Tsunami, Dr. Wandono saat ditemui JPNN di kantor BMKG Jakarta, Kamis (5/4).

Wandono memastikan bahwa gempa yang mengagetkan warga Siak dan sekitarnya pada 31 Maret lalu merupakan gempa tektonik dan terjadi akibat gejala alam.

Bagi masyarakat awan, gempa itu memang dipandang aneh karena Riau selama ini tidak dilalui oleh patahan bumi yang bisa memicu gempa.

"Tapi bagi BMKG, gempa itu tidak aneh, apalagi selama ini Sumatera memiliki patahan gempa yang aktif, yang disebut sesar Sumatera," kata Wandono yang mengakui bahwa lokasi gempa ini tergolong baru.

Data yang dipunyai BMKG Pusat Jakarta, gempa tekntonik yang terjadi di Kabupaten Siak, Riau tanggal 31 Maret 2012 lalu berkekuatan 4,9 skala richter (SR). Gempa ini tergolong dangkal karena berada di kedalaman 12 km.(Fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar