Kamis, 24 Juli 2014 | 01:05:42
Home / Internasional / Amerika / Wartawan di Meksiko jadi Sasaran Penculikan

Sabtu, 19 Mei 2012 , 12:21:00

BERITA TERKAIT

MEXICO CITY - Seorang wartawan surat kabar di Meksiko, Marco Antonio Avila Garcia, Jumat (18/5) kemarin ditemukan tewas setelah sehari sebelumnya diculik kawanan bersenjata. Garcia diculik saat berada di tempat pencucian mobil di kota Ciudad Obregon, negara bagian Sonora, sekitar 1.700 kilometer sebelah barat laut Mexico City.  
 
Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (19/5) Garcia yang bekerja untuk koran lokal El Regional de Sonora Kamis (17/5) lalu disergap oleh 3 orang bertopeng. Garcia dipaksa memasuki mobil kawanan penculik di bawah todongan senjata api.

Polisi kemudian menemukan tubuhnya yang penuh tanda bekas penganiayaan di pinggir jalan raya di luar kota. Juru bicara Kantor Kejaksaan Sonora Jose Larrinaga mengungkapkan, bersamaan dengan penemuan tubuh Garcia itu polisi juga menemukan secarik pesan dari sebuah geng pengedar narkoba lokal.

Sayangnya, Larrinaga tidak merinci isi pesan tersebut. Namun molisi telah mewawancara pihak keluarga dan teman-teman Garcia untuk mencari tahu siapa yang sebenarnya menculik wartawan berumur 34 tahun tersebut.

Komisi Nasional Hak Azazi Manusia Meksiko mengatakan, sedikitnya 80 orang jurnalis telah dibunuh di negara tersebut sejak tahun 2000, dan 5 pembunuhan diantaranya terjadi dalam kurun waktu 1 bulan terakhir. Selain korban meninggal, 14 orang jurnalis lainnya saat ini tercatat tidak diketahui keberadaannya.(afp/ara/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar