Utamakan Kerja Politik Daripada Jualan Popularitas

Utamakan Kerja Politik Daripada Jualan Popularitas
Utamakan Kerja Politik Daripada Jualan Popularitas
JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa menyatakan bahwa popularitas saja tak cukup sebagai bekal bagi calon legislatif (Caleg). Saan pun mengingatkan kader ataupun non-kader yang ingin maju sebagai caleg dari PD agar serius melakukan kerja politik.

Menurut Saan, caleg harus benar-benar membina komunikasi dengan konstituen melalui kerja politik sehingga dapat mendongkrak tingkat keterpilihan. "Popularitas, materi dan kekuasaan (power) tidak cukup untuk menjadi anggota DPR, tapi (untuk terpilih jadi anggota DPR) sangat ditentukan bagaimana membangun jaringan melalui kerja-kerja politik," kata Saan dalam diskusi "UU Pemilu Baru dan Perbaikan Partai Politik" di Jakarta, Rabu, (23/5).

Dalam diskusi yang juga menampilkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshidiqie dan Wakil Ketua Komisi II DPR, Ganjar Pranowo sebagai pembicara itu  Saan menambahkan, menambahkan, sistem proporsional terbuka dimaksudkan untuk menguatkan fungsi representasi. Karenanya, lanjut Saan, caleg dituntut berinteraksi langsung dengan konstituennya.

Mantan anggota Pansus RUU Pemilu itu mengakui, saat ini memang ada kekhawatiran caleg dengan popularitas tinggi dan pendanaan besar akan mendominasi. Meski demikian Saan yang dikenal rajin menyambangi konstituennya di daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) VII yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu  menegaskan, partainya lebih memilih mengedepankan proses rekrutmen caleg berdasarkan kerja politik dibanding hanya karena faktor materi dan popularitas semata.

JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa menyatakan bahwa popularitas saja tak cukup sebagai bekal bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News