Sabtu, 22 November 2014 | 15:49:24
Home / Internasional / Global / Iran Luncurkan Kapal Selam Nuklir

Rabu, 13 Juni 2012 , 10:56:00

BERITA TERKAIT

TEHERAN - Iran mengumumkan dimulainya proyek pembuatan kapal selam pertama bertenaga nuklir. Kapal selam dengan sistem penggerak bertenaga nuklir ini diperlukan Iran untuk mendukung berbagai operasi jarak jauh.

"Langkah-langkah awal untuk merancang dan membuat sistem penggerak kapal selam nuklir sudah kami lakukan," ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Iran, Laksamana Abbas Zamini, di Teheran, seperti dikutip Reuters, Selasa (12/6).

Menurutnya, adalah hak semua negara menggunakan teknologi nuklir, termasuk pemanfaatannya untuk menggerakkan kapal selam. Klaim Angkatan Laut Iran ini diumumkan di saat beberapa negara yang digawangi AS menyiapkan perundingan di Moskow, untuk membahas program nuklir Iran.

Namun, para ahli militer Barat sering meragukan klaim kemampuan militer Iran karena tidak tersedia bukti nyata untuk mendukung klaim tersebut. Saat ini di dunia hanya ada beberapa negara yang menguasai pembuatan kapal selam nuklir, di antaranya adalah Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Inggris, dan Cina. Sedangkan India dalam proses pembuatan kapal selam jenis ini.

Negara-negara barat khawatir Iran secara diam-diam memanfaatkan program nuklir untuk mengembangkan senjata, namun tudingan itu dibantah keras  pemerintah Iran karena nuklir yang dibuat untuk tujuan damai. (esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 17.06.2012,
        00:05
        cinta laura
        mantap lanjutkan