Sabtu, 26 Juli 2014 | 16:08:34
Home / Berita Daerah / Kaltim / Fenomena Lokal Tak Terpantau Stasiun BMKG

Sabtu, 23 Juni 2012 , 14:52:00

BERITA TERKAIT

TELUK BAYUR – Bencana angin kencang yang terjadi di Kampung Sukan hingga menyebabkan bangunan-bangunan rusak parah, tak dapat dipantau Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) Bandara Kalimarau Berau. Pasalnya, keberadaan angin itu bersifat lokal.

Indah Dwi, Forecaster Stasiun  BMKG Bandara Kalimarau Berau menyampaikan, bencana yang terjadi di Sukan merupakan fenomenal lokal. Perlu diketahui, kata dia, angin puting beliung merupakan angin kencang secara tiba-tiba yang mempunyai pusat bergerak melingkar hingga menyentuh permukaan bumi.

Fenomena alam itu terjadi dalam waktu singkat, berkisar  3 sampai 5 menit  dengan kecepatan angin mencapai rata-rata 30 sampai 40 knots dengan luas daerah yang terkena 5 sampai dengan 10 kilometer bergerak lurus. “Peristiwa ini biasa terjadi siang atau sore hari. Angin puting beliung bukan terjadi karena tekanan rendah,” terangnya.

Dalam meteorologi ada juga fenomena microbust dimana ada angin menghempas ke bawah dari awan hujan dengan area meliputi kurang dari 4 kilometer dengan rentang waktu 5 sampai 15 menit lamanya. Indah mengatakan belum bisa memastikan tentang fenomena angin kencang yang terjadi di Sukan tersebut karena bersifat lokal dan cakupan wilayahnya pun tak diketahui untuk menentukannya. (app/eff)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar