Minggu, 26 Oktober 2014 | 06:36:32
Home / Olahraga / Tenis / Sharapova Tersingkir dari Wimbledon

Selasa, 03 Juli 2012 , 15:23:00

Maria Sharapova. Foto: Getty Images
Maria Sharapova. Foto: Getty Images
BERITA TERKAIT

LONDON - Kejutan besar terjadi di babak keempat tunggal putri grand slam Wimbledon 2012. Unggulan teratas sekaligus petenis nomor satu dunia Maria Sharapova sudah harus tersingkir dari persaingan. Kekalahan tersebut sekaligus membuat posisinya dipuncak peringkat WTA (Asosiasi Tenis Putri) ikut terancam.
   
Kekalahan diderita Sharapova dari unggulan 15 Sabine Lisicki. Petenis Jerman itu menyudahi perlawanan Sharapova cukup dengan straight set 6-4, 6-3. Hasil tersebut sekaligus menjadi pembalasan Lisicki di semifinal Wimbledon tahun lalu.
   
Kekalahan tersebut cukup mengejutkan mengingat rekor bagus yang dimiliki oleh Sharapova dalam setahun terakhir. Dari empat grand slam yang digelar dalam setahun terakhir, dia menjadi finalis tiga kali. Puncaknya terjadi Juni lalu, ketika dia merebut gelar di Prancis Terbuka dan menjadi gelar grand slam keempat dalam karirnya.
   
Namun, dia harus kembali menyesali penampilan buruknya saat menjalani Wimbledon musim ini. Dia tak mampu mengimbangi permainan solid Lisicki. Perempat final di Wimbledon bakal menjadi yang ketiga baginya di lapangan All England Club, London itu.
   
"Rasanya luar biasa, saya mengalahkan seorang petenis terbaik, seorang juara dan yang terbaru menjadi juara Prancis Terbuka beberapa pekan lalu," ujar Lisicki, usai pertandingan berdurasi 1 jam 24 menit itu.
   
Peringatan akan menurunnya penampilan Sharapova di grand slam lapangan rumput itu sudah terjadi di babak kedua. DIa harus menjalani pertarungan tiga set untuk sekadar melewati tantangan petenis non unggulan aal Bulgaria Tsvetana Pironkova dengan 7-6 (3), 6-7 (3), 6-0.
   
Kemenangan tersebut semakin mengukuhkan bahwa Lisicki punya banyak kecocokan di Wimbledon. Tak pernah mencapai perempat final di grand slam lainnya, dia sudah mencatatkan sekali semifinal di wimbledon (2011) yang didahului dengan perempat final pada 2009.
   
"Saya suka permukaan lapangan ini, juga atmosfer yang muncul di setiap pertandingan. Tak ragu lagi, ini turnamen favorit saya," ujar petenis 22 tahun itu.
   
Di perempat final, Lisicki sudah dinantikan mantan ratu tenis dunia Kim Clijsters. Petenis Belgia itu tanpa mengalami banyak kesulitan menundukkan petenis Jerman lainnya Angelique Kerber, 6-1, 6-1.
   
Sebelum turnamen berlangsung, Clijsters sudah menyatakan Wimbledon 2012 adalah partisipasi terakhirnya. Dia juga menyatakan bahwa setelah musim ini berakhir, dia akan gantung raket lagi demi urusan keluarga.
   
Clijsters masih tampil hebat dalam empat pertandingan di Wimbledon kali ini. Dia belum sekali pun kehilangan set. Termasuk di antaranya mengalahkan unggulan ke-18 Jelena Jankovic (Serbia) di babak pertama dan unggulan ke-12 Vera Zvonareva (Rusia) di babak ketiga. (ady)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar