Sabtu, 25 Oktober 2014 | 11:12:44
Home / Internasional / Eropa / Berlusconi Segera Balik ke Kancah Politik Lagi

Selasa, 17 Juli 2012 , 14:14:00

BERITA TERKAIT

BERLIN - Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, Senin (16/7) kemarin mengeluarkan isyarat kuat untuk segera kembali ke kancah politik negeri pizza tersebut. Dalam suatu wawancara dengan harian Jerman, Bild, bos klub sepakbola beken AC Milan tersebut  mengatakan dirinya tidak akan pernah meninggalkan partainya dalam kemerosotan.

Sebagaimana dilaporkan AFP, Selasa (17/7), Berlusconi dalam wawancara tersebut mengaku seringkali ditanya mengenai kemungkinan kembali memimpin partai PDL dalam pemilihan legislatif bulan April tahun depan. “Saya hanya bisa mengatakan kalau saya tidak akan pernah meninggalkan Partai Kebebasan Rakyat saya di tengah kesukaran dan bahaya. Kami juga akan segera kembali ke nama lama ‘Forza Italy’ (Ayo Itali),” kata pria 76 tahun tersebut.

Berlusconi yang terpaksa mengundurkan diri tahun lalu di tengah keterpurukan ekonomi Italia juga mengatakan, berbagai skandal yang dikaitkan dengan dirinya merupakan upaya kampanye hitam dari para lawan politiknya.

Berlusconi yang menjabat perdana menteri negeri pizza itu pada 3 periode yang berbeda, telah bertahan dari serangkaian kasus politik, korupsi dan skandal seks selama bertahun-tahun. Dia telah menghadapi setidaknya 17 dakwaan sejak pertama kali terpilih sebagai perdana menteri pada 1994 lalu. Tetapi tidak ada satu pun kasus yang jelas ujungnya, bahkan beberapa dibatalkan pada tingkat banding.

Pemimpin PDL, Angelo Alfano, pekan lalu menyatakan bahwa dirinya merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang ingin kembali melihat sepak terjang Berlusconi di ajang politik tingkat tinggi Italia. Dikatakannya, hal ini akan segera terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

Berbagai survey menunjukkan PDL dapat memenangkan lebih dari 30 persen suara di bawah kepemimpinan Berlusconi dalam pemilu 2013 mendatang. Namun perolehan mereka akan mentok di angka 10 persen jika dipimpin oleh Alfano.

Meski demikian, sebuah survey terbaru yang diumumkan Jumat (13/7) lalu menunjukkan popularitas perdana menteri saat ini, Mario Monti, telah melonjak ke angka 49 persen. Dari survei itu juga terungkap, kembalinya Berlusconi ke kancah politik  tidak akan banyak berpengaruh pada perolehan suara PDL.(AFP/ara/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar