Rabu, 30 Juli 2014 | 09:59:14
Home / Olahraga / Moto GP / Lorenzo Kembali Kuasai Mugello

Rabu, 18 Juli 2012 , 07:52:00

Jorge Lorenzo. Foto: Getty Images
Jorge Lorenzo. Foto: Getty Images
MUGELLO - Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo menegaskan dominasinya di Sirkuit Mugello, Italia. Setelah unggul di MotoGP Italia Minggu lalu (15/7), dia menjadi yang tercepat pada sesi uji coba di sirkuit tersebut Senin lalu (16/7).

Lorenzo kembali mengungguli duo Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner, dengan catatan waktu 1 menit 47,435 detik. Pedrosa menorehkan catatan waktu 1 menit 47,549 detik, sedangkan Stoner 1 menit 47,551 detik.

Pada sesi latihan tersebut, Lorenzo tidak didampingi rekan setimnya, Ben Spies, yang tidak fit karena mengalami masalah pencernaan. Yamaha memilih menggunakan motor lama untuk mengatasi masalah elektrik. Honda menggunakan motor baru yang akan digunakan untuk sasis MotoGP 2013.

Pembalap Ducati Nicky Hayden menjadi tercepat keempat. Andalan Ducati lainnya, Valentino Rossi, mengalami kecelakaan di sesi tes terakhir. Namun, The Doctor -julukan Rossi- tidak mengalami cedera serius.

Lengkaplah rasa frustrasi Rossi  terhadap kinerja timnya. Ketika berlomba di depan pendukungnya di Mugello (15/7), dia gagal naik podium. Nah, dalam program uji coba tersebut dia tak bisa tampil maksimal. Beberapa bagian dari Desmosedici GP12 yang menjadi tugasnya untuk pengembangan selanjutnya gagal didapat lantaran terdapat kesalahan teknis pada motornya.

Dalam uji coba itu, banyak hal baru yang menjadi beban Rossi. Misalnya, pengembangan sasis untuk menyeimbangkan distribusi berat, mesin untuk meningkatkan kenyamanan pengendalian, serta semua yang berkaitan dengan elektrik. Sementara mesin baru belum bisa dijajal, secara keseluruhan pembalap Italia itu menyebut program tesnya sebagai "langkah menengah" karena yang dilakukan cuma seputar sistem manajemen mesin.

"Ducati memiliki beberapa hal untuk diuji. Terutama untuk kepentingan ke depan. Hanya, perubahan besar pada mesin yang sedang dikerjakan di Ducati belum siap," ucap Rossi seperti dikutip Crash.

Dia menambahkan, pihaknya punya beberapa bagian yang berbeda untuk sasis, tetapi tidak mampu berbuat banyak karena terjatuh setelah menjalani 23 lap. "Jadi, uji coba kali ini bukan hari yang produktif meski kesan pertama pada perubahan cukup bagus," tegas Rossi. (ady/c8/diq)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar