Senin, 21 April 2014 | 01:41:23
Home / Internasional / Asia / Kim Jong Un Tampil Lagi Bersama Istri

Jumat, 27 Juli 2012 , 08:02:00

RELATED NEWS

SEOUL – Tidak seperti dua pendahulunya, pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, 29, justru lebih terbuka. Itu terlihat dengan kemunculannya di depan publik beberapa kali dengan disertai sang pendamping.

Padahal, sebelumnya first lady (ibu negara) Korut tidak pernah tampil di depan umum atau dalam acara seremonial kenegaraan. Ini terjadi pada era pendiri Korut Kim Il-sung (kakek Jong-un) dan Kim Jong-il (ayah Jong-un). Bahkan, empat istri Kim Jong-il tidak pernah tampil maupun difoto dalam acara-acara resmi.
Hal itu berbeda dengan Jong-un. Pria yang menduduki takhta kekuasaan di negeri Semenanjung Korea setelah sang ayah meninggal pada 17 Desember tahun lalu tersebut sepertinya ingin menghapuskan tradisi itu.

Putra ketiga alias paling bungsu Kim Jong-il tersebut mengajak sang istri, Ri Sol-ju, mengunjungi tempat hiburan Rungna People’s Pleasure Ground di Kota Pyongyang pada Rabu lalu (25/7). Berbagai foto Jong-un bersama sang istri saat kunjungan itu dipublikasikan luas kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), kemarin (26/7).

Sebelumnya, Jong-un beberapa kali muncul di depan publik bersama perempuan berambut pendek itu. Pertama, kali adik tiri Kim Jong-nam dan adik kandung Kim Jong-chul (dua putra Kim Jong-il lainnya) itu terlihat bersama Ri saat acara konser musik di Pyongyang pada 5 Juli lalu.

Lantas, Ri kembali terlihat berjalan di samping Jong-un pada 8 Juli lalu ketika sang penguasa mengunjungi makam (mausoleum) kakeknya, Kim Il-sung. Lalu, dalam foto-foto yang dirilis pada 24 Juli lalu, Ri berdiri di samping Jong-un saat berkunjung ke sebuah taman kanak-kanak (TK) di Pyongyang. Ketika itu, Ri menjadi sosok yang misterius. Televisi pemerintah Korut baru memastikan pada Rabu lalu bahwa dia adalah istri sang pemimpin.

’’Jenderal Besar Kim Jong-un sengaja hadir dalam acara peresmian dan pembukaan Nungra People’s Amusement Park (tempat hiburan di Kota Pyongyang, Red) bersama istri beliau, Kamrad Ri Sol-ju,’’ kata penyiar televisi dalam laporannya saat itu. Hanya, tidak ada penjelasan detail soal sosok Ri Sol-ju.

Namun, anggota parlemen Korea Selatan (Korsel) Jung Chung-rai kemarin membeberkan bahwa Jong-un dan Ri menikah pada 2009. ’’Sebelumnya, pernikahan mereka sengaja dirahasiakan,’’ katanya. Ri dikenal sebagai mantan penyanyi.

Mengutip informasi yang dipaparkan Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan dalam rapat parlemen, Jung menjelaskan bahwa Ri lahir pada 1989 dan pernah belajar menyanyi di Tiongkok. Dia bahkan pernah mengunjungi Incheon, kota di selatan Seoul, pada September 2005. Saat itu dia masuk dalam tim pemandu sorak untuk Kejuaraan Atletik Asia.

Hingga kini, rezim Korut memang bermusuhan dengan tetangganya, Korsel. Makanya, jubir NIS menolak untuk membeber isi pertemuan tertutup dengan parlemen.
Surat kabar Chosun Ilbo melaporkan bahwa Ri pernah terlibat aktif dalam orkestra Unhasu di Korut hingga tahun lalu. Dia pernah konser di depan Jong-un dan ayahnya pada malam tahun baru 2010. ’’Kemungkinan Jong-un memilih dia sebagai istri setelah melihat penampilannya di gedung konser,’’ tulis koran itu mengutip sumber.

Sebuah sumber lain bertutur kepada koran tersebut bahwa setelah menikah dengan Jong-un, Ri menjalani kursus enam bulan terkait tugas-tugasnya sebagai first lady di Kim Il-sung University.

Koran JoongAng Ilbo juga menggambarkan Ri sebagai mantan penyanyi yang menarik hati Jong-un saat konser. Kim Jong-il, lanjut koran itu, telah memintanya menjadi first lady saat menyiapkan rencana suksesi. Tercatat sebagai sarjana lulusan Kim Il-sung University, Ri berasal dari Hamkyong, provinsi di timur laut Korut. Ayahnya merupakan akademisi, dan ibunya seorang dokter. Surat kabar Dong-A Ilbo juga menjelaskan detail soal latar belakangnya. Tetapi, koran itu juga membuat laporan yang kontradiktif dengan media lain. Misalnya, koran tersebut menulis bahwa pasangan itu menikah pada 2009 dan tahun berikutnya mendapatkan seorang anak. (AFP/cak/dwi)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar