Rabu, 23 Juli 2014 | 12:37:35
Home / Ekonomi / Makro / Dana Transfer ke Daerah Rp 500 T

Selasa, 31 Juli 2012 , 05:35:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji meningkatkan transfer dana ke daerah melalui APBN 2013. Komitmen itu akan disampaikan presiden secara resmi melalui nota keuangan yang dibacakan pada 16 Agustus 2012.

"Pada 16 Agustus saya akan menyampaikan pidato kenegaraan dan juga laporan nota keuangan. Satu hal yang diusulkan teman-teman DPD (Dewan Perwakilan Daerah) tentang transfer dana ke daerah insya Allah akan melampaui Rp 500 triliun," kata SBY saat berbuka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPD Irman Gusman kemarin (30/7).

Jumlah dana transfer ke daerah pada APBN Perubahan 2012 mencapai Rp 478,8 triliun. Janji presiden itu tentu agak memberikan angin segar bagi daerah.

Seperti halnya dengan demokrasi, lanjut presiden, penerapan desentralisasi dan otonomi daerah memang kerap menimbulkan banyak hambatan pembangunan. Tapi, semua itu merupakan pilihan yang diambil sebagai koreksi terhadap pembangunan di masa lalu yang sangat sentralistis.

Negara lain, sebut SBY, memerlukan puluhan tahun untuk menjalankan dan mematangkan sistem itu. "Jangan goyah dan berbalik arah karena desentralisasi dan otonomi daerah yang benar akan lebih membawa keadilan dan pemerataan," tegasnya.

Acara buka puasa bersama itu juga dihadiri Wapres Boediono beserta istri, Herawati Boediono, Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan mantan Presiden B.J. Habibie. Turut hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu serta anggota DPR dan DPD. (pri/fal/c11/agm)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar