Sabtu, 01 November 2014 | 13:06:47
Home / Teknologi / Internet / 83 Juta Akun Palsu di Facebook

Jumat, 03 Agustus 2012 , 01:28:00

BERITA TERKAIT

CALIFORNIA — Pengelola jejaring sosial Facebook mengungkapkan lebih dari 83 juta pengguna Social network tersebut merupakan akun palsu. Seperti dilansir BBC, Kamis (2/8)  dalam data yang dirilis FB pekan ini mengungkapkan  8,7 persen dari 955 juta pengguna aktif FB diyakini tidak nyata alias fikitif.

Secara keselurahan manajemen FB meyakini terdapat 83, 09 akun fiktif yang diklasifikasikan dalam tiga jenis. Pertama  jenis terbesar yakni akun duplikasi. Yakni akun lain yang dimiliki oleh akun pengguna aktif.

Jenis kedua merupakan akun lain yang digunakan seorang pengguna untuk bisnis, organisasi atau keperluan lain seperti menggunakan identitas untk hewan peliharaan. Jenis yang terakhir yakni, akun yang sengaja dibangun untuk melempar
spam kepada pengguna lainnya.

Banyaknya akun fiktif ini menjadi ancaman tersendiri bagi keberlangsungan bisnis FB yang bergantung pada kepercayaan pemasang iklan terhadap ratusan juta pengguna akun FB.

‘’Secara umum  Kami menghasilkan  sebagian besar dari pendapatan kami dari iklan. Hilangnya pemasang iklan atau pengurangan pemasang iklan di Facebook dapat mengancam bisnis kami secara serius,’’ ujar pihak FB seperti dikutip BBC.

Bulan lalu koresponden BBC, Rory Cellan-Jones menggunakan perusahaan fiktif bernama VirtualBagel untuk menyelidiki dugaan pengklik ‘’Like’’ pada pemasang iklan di FB. Hasilnya ditemukan pengklik ‘’Like’’ palsu terbanyak datang dari timur tengah dan Asia. (zul/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 06.04.2014,
        16:15
        best money here
        66MLXa Very informative blog. Will read on... From mobile