Senin, 22 Desember 2014 | 11:14:06
Home / Nasional / Sosial / Zakat Ditarget Tembus Rp3 Triliun

Senin, 06 Agustus 2012 , 19:47:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA--Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan penerimaan zakat di Indonesia pada tahun 2013 mendatang mencapai Rp 3 triliun. Target sengaja dipasang tibggi berdasar semakin tinggginya tren zakat di Indonesia beberapa tahun terakhir.

"Awalnya trennya mencapai Rp 700 miliar, kemudian Rp 800 miliar, dan lama-lama naik terus menjadi Rp 1 triliun dan terakhir Rp 1,5 triliun. Maka itu, kita targetkan tahun depan bisa capai Rp 3 triliun," ungkap Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar di Gedung Kemenag , Thamrin, Jakarta, Senin (6/8).

Untuk mencapai target lebih, lanjut Nasaruddin, pihak Kemenag juga tengah melakukan pembenahan dalam mengatur mekanisme zakat. Sehingga, diharapkan para penyalurr zakat dapat menyalurkan zakatnya secara profesional.

"Kita harus melakukan pembenahan karena saat ini banyak otang yang memberikan zakat secara langsung kepada sasarannya dan tidak melalui Baznas. Kalau melalui Baznas Pusat, maka  maka registrasinya dapat terukur berapa besar pengeluarannya. Jadi ini luar biasa seandainya zakat bisa didayagunakan dan sangat berarti buat umat," paparnya.

Lebih lanjut Nasaruddin menambahkan, zakat profesional yang dimaksudkan oleh pemerintah bisa didapat dari 2,5 persen gaji karyawan. "Jadi, bisa juga nanti setiap karyawan yang berkenan, gajinya secara otomatis disisihkan untuk zakat," imbuhnya. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar