Konsumen Indonesia Belanja 2,2 Juta Kali Pertahun

Konsumen Indonesia Belanja 2,2 Juta Kali Pertahun
Konsumen Indonesia Belanja 2,2 Juta Kali Pertahun
JAKARTA - Penduduk yang berjumlah 250 juta menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik bagi produsen dan retailer, terutama untuk barang konsumsi harian (FMCG).  Tumbuhnya kelas menengah di perkotaan juga menjadi pasar yang menggiurkan, tak heran dari hasil survei pasar, konsumen Indonesia sedikitnya berbelanja lima kali dalam seminggu. 

“Sektor makanan dan minuman merupakan pangsa pasar terbesar selama ini. Menduduki sekitar 81 persen konsumsi harian," kata Fabrice Carraso, Managing Director Kantar Worldpanel untuk Vietnam, Indonesia, dan Filipina, dalam keterangan persnya, Rabu (19/9).

Hasil Survei yang dilakukan Kantar Worldpanel sepanjang tahun 2011 menemukan produk makanan dan minuman menjadi barang konsumsi harian paling banyak dibeli konsumen, yaitu sebesar 81 persen. Disusul produk perawatan pribadi sebanyak 10,6 persen dan produk rumah tangga sebanyak 8,4 persen. Untuk sektor makanan dan minuman meliputi beras 25,4 persen, mie instan 8,2 persen, minyak goreng 7,5 persen dan gula 6,3 persen. Sektor lain seperti barang keperluan pribadi dan rumah hanya mendapat porsi sekitar 20 persen dari pengeluaran harian.

Dijelaskannya, masyarakat Indonesia dalam sepekan setidaknya lima kali mengunjungi tempat pembelanjaaan, seperti minimarket, warung, supermarket atau toko. Mereka banyak membeli produk fast moving consumer goods (FMCG), yaitu barang kebutuhan sehari-hari seperti shampo, sabun, mie instan, cairan pembersih lantai, dan lainnya.

JAKARTA - Penduduk yang berjumlah 250 juta menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik bagi produsen dan retailer, terutama untuk barang konsumsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News