Ditemukan Pasir Hisap Di Gunung Panderman

Ditemukan Pasir Hisap Di Gunung Panderman
Ditemukan Pasir Hisap Di Gunung Panderman
BATU - Gunung Panderman diyakini memiliki pasir hisap yang berada di Parang Putih yakni sebuah tebing di utara gunung. Hal itu diungkapkan oleh warga dusun Tuyomerto Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu kepada Malang Post (Grup JPNN). Sampai saat ini tak satupun warga Tuyomerto yang berani datang ke areal Parang Putih.

R. Soedardji Juru kunci Gunung Panderman mengatakan bahwa pasir hisap itu pernah didatangi orang Kalimantan. Akhir tahun 2012 lalu, dia diminta menjadi penunjuk arah ke lokasi yang tak pernah didatangi warga Tuyomerto tersebut. Pasir hisap di areal itu menurut Darji sapaan akrabnya hanya memiliki luas 50 meter persegi.

“Ya seperti pasir gunung itu, hanya seluas setengah meter letakknya dibawah Parang Putih,” ujar Darji.

Secara turun temurun, warga Tuyomerto dilarang untuk datang ke tempat itu agar tidak terperosok. Namun selama ini, areal pasir hisap itu lebih familiar dengan sebutan tanah gatal. Berdasarkan cerita turun temurun warga Tuyomerto yang sakit gatal akan dibuang disana selamanya.“Daun ataupun batang pohon yang ada diatas areal itu akan hilang seperti terhisap,” akunya.

BATU - Gunung Panderman diyakini memiliki pasir hisap yang berada di Parang Putih yakni sebuah tebing di utara gunung. Hal itu diungkapkan oleh warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News