Rupiah jadi Korban Spekulan Asing

Rupiah jadi Korban Spekulan Asing
Rupiah jadi Korban Spekulan Asing
JAKARTA - Tren pelemahan nilai tukar Rupiah rupanya cukup kompleks. Selain karena defisit neraca perdagangan, terkulainya Rupiah juga ditengarai akibat ulah spekulan asing.

      

Direktur Perencanaan Strategis dan Humas Bank Indonesia (BI) Difi Johansyah mengatakan, sejak awal 2013, informasi tentang Rupiah yang menjadi permainan spekulan asing mulai menyeruak. "Ini terkait penyalahgunaan transaksi Non Deliverable Forward (NDF)," ujarnya akhir pekan lalu.

      

NDF merupakan jenis transaksi lindung nilai yang melibatkan dua mata uang, misalnya Rupiah dengan dolar Amerika Serikat (USD). Sayangnya, transaksi ini tidak menggunakan underlying dan tidak menyertakan mata uang dipertukarkan, sehingga lebih kental nuansa spekulasi.

Difi mengakui, masih terbatasnya peluang memperoleh lindung nilai di pasar valuta rupiah di Indonesia (onshore) memicu munculnya pasar di luar negeri ( offshore) yang menyediakan bursa berjangka rupiah dalam bentuk NDF. "Pusat NDF mata uang Asia tentu saja di Hong Kong dan Singapura," sebutnya.

JAKARTA - Tren pelemahan nilai tukar Rupiah rupanya cukup kompleks. Selain karena defisit neraca perdagangan, terkulainya Rupiah juga ditengarai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News