Risal Satiaputra, Dokter Indonesia di Tim Operasi Face-off Pertama Amerika

Sebelum Connie, Pernah Tangani Pasien Ingin seperti Angelina Jolie

Risal Satiaputra, Dokter Indonesia di Tim Operasi Face-off Pertama Amerika
Foto: Getty Images
Setelah upaya puluhan tahun, akhirnya operasi perbaikan wajah (face-off) pertama di AS sukses dilakukan di Cleveland Clinic, Ohio, pekan lalu. Nama Indonesia ikut harum dalam momen bersejarah itu. Sebab, dari 20 dokter yang terlibat, terdapat dokter asal Sulawesi Utara.

 

AGUNG PUTU ISKANDAR, Jakarta

----------------------------------------------

MESKI
baru saja terlibat dalam peristiwa medis bersejarah di negara yang memimpin perkembangan ilmu kedokteran, Risal Satiaputra Djohan, 43, terkesan sangat bersahaya. Beberapa kali wartawan koran ini menghubungi untuk wawancara, bapak dua anak itu melayani dengan ramah. Risal dengan akrab melayani pertanyaan yang diajukan. Bahkan, kadang dia menjawab dengan merendah.

Soal prestasi monumentalnya terlibat dalam tim yang melakukan operasi face-off pertama di Amerika Serikat, itu misalnya. Dia menolak kalau kesuksesan operasi itu karena perannya. "Ah, enggak. Itu kan pekerjaan sebagai tim. Tidak hanya saya yang mengoperasi si Connie (Connie Culp, pasien face-off, Red)," ujar Risal dalam bahasa Indonesia yang jelas.

Setelah upaya puluhan tahun, akhirnya operasi perbaikan wajah (face-off) pertama di AS sukses dilakukan di Cleveland Clinic, Ohio, pekan lalu. Nama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News