Dahlan Iskan Siapkan Opsi Pembiayaan Proyek JSS

Sudah Dua BUMN Pamer Konsep

Dahlan Iskan Siapkan Opsi Pembiayaan Proyek JSS
Dahlan Iskan Siapkan Opsi Pembiayaan Proyek JSS

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mendapat lampu hijau untuk mengarap proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Mendengar kabar itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan pun telah menyiapkan dua skema tentang pembiayaan proyek jembatan yang bakal menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera itu.

Menurut Dahlan, skema pembiayaan pertama adalah dengan dana APBN. "Saya akan usulkan itu, semua Rp 200 triliun," ujar Dahlan di Gedung BUMN, Jakarta, Selasa (30/7).

Tapi, pembiayaan dari APBN itu tidak dalam satu tahun anggaran, tetapi dengan cara bertahap. Yakni selama 10 tahun sehingga setiap tahunnya dianggarkan Rp 20 triliun untuk realisasi JSS.

Sedangkan skema kedua adalah pembiayaan yang melibatkan pihak swasta melalui sistem tender.  "Kalau pemerintah tidak mau ya sudah diserahkan ke sawasta saja, ditenderkan lah, siapa yang berminat silahkan," tuturnya.

Dari dua mekanisme itu, Dahlan mengaku lebih cenderung memilih untuk menggunakan pembiayaan proyek melalui APBN. Menurutnya, negara masih mampu membiayai Rp 200 triliun secara bertahap.

"Subsidi BBM yang dibakar untuk 1 tahun itu menghabiskan anggaran sampai Rp 20 triliun, kenapa gak menghemat sedikit BBM untuk bayar itu (proyek JSS)? Makanya korupsi diberantas habis biar uangnya bisa buat bikin jembatan. Yang jelas keputusan tetap ada pada pemerintah, tapi kita ajukan kemungkinan APBN, sekalian studi kelayakan dari APBN juga," tuturnya.

Namun, hingga saat ini Dahlan belum menerima keputusan resmi dari pemerintah mengenai penunjukkan pengerjaan proyek JSS itu. "Pokoknya saya masih nunggu keputusan resminya kalau memang penunjukkan itu benar diberikan pada BUMN," bebernya.

Dahlan menambahkan, dirinya sudah mendapat paparan tentang proyek JSS dari dua BUMN. "Sudah ada dua BUMN yang presentasi, untuk namanya tidak usah disebut, nanti malah bikin yang lain iri," ucapnya.

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mendapat lampu hijau untuk mengarap proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Mendengar kabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News