Dahlan Minta Bandara Buka 24 Jam

Dahlan Minta Bandara Buka 24 Jam
Dahlan Minta Bandara Buka 24 Jam

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta PT Angkasa Pura (AP) I dan II selaku BUMN pengelola bandara di Indonesia memberikan layanan operasional bandara 24 jam per hari. "Saya sudah meminta kepada Angka Pura agar bandaranya bisa beroperasi selama 24 jam per hari," kata Dahlan usai meresmikan pembangunan masjid di Kantor Kementerian BUMN, Jl Merdeka Selatan, Minggu (8/9).

 

Dahlan mengaku sudah meminta agar bandara yang dikelola AP I dan II bisa beroperasi 24 jam sudah sejak 3 bulan lalu. "Saya sudah minta 3 bulan lalu, tapi ini kan tidak mudah, memang harus dipersiapkan banyak infrastruktur tambahan lagi, jadi tidak mungkin bisa cepat," ucap Dahlan.

Menurutnya, tujuan operasional bandara buka 24 jam, agar mengurangi kepadatan rute penerbangan khususnya di kota besar. Saat ini bandara-bandara di Indonesia mengalami peningkatan jumlah penerbangan sejalan peningkatan permintaan masyarakat.

"Ini untuk mengurangi kepadatan khususnya di Jakarta, sehingga kota-kota lainnya khususnya di luar Pulau Jawa bisa membantu mengurangi sedikit kepadatan di Jakarta," papar Dahlan.

Dahlan pernah mengatakan misalnya kapasitas landasan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sudah tidak mampu lagi melayani tambahan pesawat yang akan mendarat. Akibatnya ada sekitar 170 pesawat dari luar negeri terpaksa ditolak mendarat di Soetta selama tahun ini.

"Kapasitas landasan pesawat Bandara Soetta sudah tidak cukup lagi dan sangat mendesak harus ditambah," ujar Dahlan. Alasannya karena di Soetta, dalam 1 jam ada sekitar 60 pesawat yang mendarat pada saat periode 3-4 bulan.

Dahlah Iskan juga setuju para BUMN menunda pembelian impor pesawat terbang untuk menekan defisit neraca perdagangan. Ini karena setiap impor  satu pesawat terbang sangat menguras devisa hasil ekspor Indonesia. "Saya dukung usulan menunda impor pesawat, usul Wamendag (Bayu Krisnamurthi) untuk Indonesia menunda impor pesawat, termasuk BUMN (Garuda dan Merpati)," papar Dahlan.

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta PT Angkasa Pura (AP) I dan II selaku BUMN pengelola bandara di Indonesia memberikan layanan operasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News