Ular Piton Masuk Permukiman, Mulutnya Diplester

Ular Piton Masuk Permukiman, Mulutnya Diplester
Ular Piton Masuk Permukiman, Mulutnya Diplester

jpnn.com - PANGKALAN BUN – Seekor ular piton sepanjang lebih kurang enam meter seberat 60 kilogram ditangkap warga Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), RT 24, Pangkalan Bun, Kalteng.

Ular yang masuk perkampungan warga dan melintas di jalanan ini diduga sering memakan ayam dan itik milik warga setempat.

“Kita tangkap malam tadi (Jumat malam) sekitar pukul 21.00 WIB. Sepertinya ular ini sedang mencari mangsa karena perutnya tampak kosong,” jelas H Jalal, Sabtu (22/2).

Ular ini sama sekali tidak dilukai, hanya mulutnya sempat diplester agar tidak mengigit. Ular piton ini sekarang dikandangkan dan belum tahu akan dikemanakan.

“Kita kandangkan saja dulu, tidak tahu nanti diapakan, kalaupun diminta pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tidak apa-apa, kita hanya menangkapkan saja dari pada melukai anak-anak,” jelasnya.

Menurut H Jalal, di lingkungan Perumahan Bukit Permata, sekitar bundaran Pramuka Jalan HM Rafi’I, diduga tidak hanya satu ekor ular betina, tetapi masih ada lagi yang belum tertangkap.

“Kita pernah melihat lebih besar. Ular-ular ini keluar mungkin karena hutan atau rawa-rawa telah berubah menjadi perumahan sehingga ular, keluar dari sarangnya,” jelasnya.

Menurut warga lainnya, saat penangkapan ular ini cukup menguras tenaga. Jika hanya dua atau tiga orang, dipastikan akan kesulitan.

PANGKALAN BUN – Seekor ular piton sepanjang lebih kurang enam meter seberat 60 kilogram ditangkap warga Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News