Dompet Dhuafa Bantu Pengungsi Afrika

Dompet Dhuafa Bantu Pengungsi Afrika
Distribusi logistik dari Dompet Dhuafa. Foto for JPNN.com

jpnn.com - KENZU - Tim Kemanusiaan Indonesia Dompet Dhuafa untuk Afrika Tengah telah berada di kamp pengungsian di Kenzu dan Garoua Boulai, perbatasan timur Kamerun dan Afrika Tengah Sejak Senin (24/3) lalu. Di sana, tim menyalurkan amanah bantuan masyarakat Indonesia berupa logistik untuk sekitar 27.000 kepala keluarga (KK) pengungsi Afrika Tengah. Untuk bantuan krisis tersebut, Dompet Dhuafa anggarkan dana Rp 1 miliar.

Koordinator Tim Kemanusiaan Indonesia Aid Dompet Dhuafa, Sabeth Abilawa mengatakan tim bersama NGO kemanusiaan lokal setempat, AHAS Association Humanitaire Pour le Development du Cameroon, telah menyalurkan 2 kontainer logistik berupa makanan, air mineral, dan obat-obatan yang dibeli dari kota Doula, yang berjarak dekat dari Kenzu untuk dibagikan kepada seluruh pengungsi.

“Yang jelas mereka sangat membutuhkan bantuan makanan, kesehatan, dan air bersih karena secara umum daerah disini sangat kesulitan air,” terang Sabeth melalui pesan elektroniknya kepada JPNN.com, Kamis (27/3).

Dengan pemberian bantuan tersebut, tim Dompet Dhuafa merupakan lembaga kemanusiaan Indonesia yang pertama kali memberikan bantuan kepada para pengungsi Afrika Tengah.  

Informasi terbaru, Rabu (26/3) pagi waktu setempat, Sabeth menuturkan gelombang pengungsi yang datang ke wilayah Kenzu semakin bertambah.“Diperkirakan jumlah pengungsi di wilayah Kenzu ini akan terus bertambah karena barusan juga ada 2 mobil truk yang membawa ratusan pengungsi datang ke sini,” jelasnya.

Rencana hingga empat hari kedepan, Tim Kemanusiaan Indonesia Aid Dompet Dhuafa akan membuat instalasi air dan mensurvei beberapa titik wilayah untuk membantu pengadaan air bersih di Kenzu.

“Hari ini juga kita akan mensurvei titik-titik air atau waterpam untuk kita bangun 2 atau 3 instalasi air bersih,” Tegasnya.

Sabeth menuturkan, kondisi pengungsi di Kamp Kenzu teramat menyedihkan. Menurutnya, sejauh mata memandang wilayah Kenzu hanya dipenuhi tenda-tenda pengungsi berwarna putih, semua itu dikarenakan banyaknya jumlah pengungsi.

KENZU - Tim Kemanusiaan Indonesia Dompet Dhuafa untuk Afrika Tengah telah berada di kamp pengungsian di Kenzu dan Garoua Boulai, perbatasan timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News