Siapkan Rp 660 Miliar untuk Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Siapkan Rp 660 Miliar untuk Pembangkit Listrik Energi Terbarukan
Siapkan Rp 660 Miliar untuk Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

jpnn.com - PEMERINTAH menaruh perhatian besar untuk penggunaan energi terbarukan. Untuk mewujudkan penggunakan energi terbarukan itu, pemerintah mengalokasikan dana melalui APBN 2014 senilai Rp 660 miliar. Tujuannya adalah untuk pembangunan sejumlah proyek pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan.

Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin, mengatakan dana tersebut digunakan untuk membangun 21 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan 133 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Proyek-proyek itu diharapkan mampu melistriki 21.400 kepala keluarga khususnya daerah perbatasan dan pulau terluar," katanya Rida.

Dia lantas merinci, Rp 150 miliar digunakan untuk membangun 21 proyek PLTMH yang bakal mencukupi 3.400 kepala keluarga. Sedangkan dana yang lainnya digunakan untuk membangun PLTS sebanyak 133 unit yang berkapasitas total 3,5 MW. Jumlah itu mampu melistriki 18.000 kepala keluarga.

Menurut Rida, proyek-proyek pembangkit terbarukan tersebut akan dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah instansi antara lain Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, lanjutnya, Kementerian ESDM juga menunggu usulan langsung bupati atau walikota untuk membangun pembangkit terbarukan sesuai ketentuan Permen ESDM 10/2012 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan. (ant/rr/mas) 


PEMERINTAH menaruh perhatian besar untuk penggunaan energi terbarukan. Untuk mewujudkan penggunakan energi terbarukan itu, pemerintah mengalokasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News