Pesawat yang Disergap F16 Dipiloti Pensiunan

Pesawat yang Disergap F16 Dipiloti Pensiunan
Pesawat yang Disergap F16 Dipiloti Pensiunan

jpnn.com - MEDAN-Sebuah pesawat jenis JSA 29 dengan nomor penerbangan N54JX dipaksa mendarat pasukan TNI AU Pangkalan Soewondo di eks Bandara Polonia Medan, Kamis (10/4) siang.

Pesawat pribadi yang dikemudikan pilot Heinz Pieter (65) asal Swiss ini mendarat sekitar pukul 12.44 setelah dipaksa dua pesawat F16 milik TNI AU.

Pangkosek Hanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI Sungkono mengatakan, pesawat tersebut ditemukan pertama kali di sebelah barat Meulaboh, Aceh, kurang lebih 80 knot mil tertangkap radar. Dalam radar, pesawat itu berjalan terus menuju teritorial Indonesia.

Setelah masuk ke wilayah udara Indonesia, diperintahkan dua pesawat F16 jenis Tempur Sergap (TS) 1602 dengan pilot Mayor Bambang serta copilot Lettu Yusuf dan TS 1611 pilot Ferry, untuk mengidentifikasi.

"Setelah diidentifikasi pesawat pribadi tersebut dipaksa untuk mendarat di Polonia, Medan. Pilotnya adalah Heinz Pieter yang merupakan pensiunan pilot asal Swiss," ungkap Sungkuno dalam keterangan persnya.

Ia menyebutkan, pesawat ini berangkat dari Colombo menuju Singapura. Tujuan terbang hanya ferry flight (sekali penerbangan seperti Medan-Jakarta), tetapi lantaran tidak memiliki flight clearence (izin penerbangan) masuk ke wilayah teritorial Indonesia sehingga dipaksa mendarat. "Jadi, harus ada izinnya dan ini sedang diteliti kenapa izinnya tidak muncul dalam radar," kata Sungkono.

Menurutnya, sampai saat ini WN asal Swiss tersebut belum bisa menunjukkan izinnya. "Saya rasa dia terbang melintas jalur udara Indonesia karena ketidaktahuannya yang membuatnya tidak paham dalam aturan penerbangan," ujar perwira TNI AU berpangkat bintang satu ini.

Disinggung apakah membahayakan kedaulatan wilayah RI, Sungkono memastikan bahwa hasil pemeriksaan sejauh ini tidak ada mengarah ke sana.

MEDAN-Sebuah pesawat jenis JSA 29 dengan nomor penerbangan N54JX dipaksa mendarat pasukan TNI AU Pangkalan Soewondo di eks Bandara Polonia Medan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News