Optimistis Teluk Lamong Diuji Coba Mei

Optimistis Teluk Lamong Diuji Coba Mei
Optimistis Teluk Lamong Diuji Coba Mei

jpnn.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) optimistis melakukan uji coba operasi Terminal Teluk Lamong pada pertengahan Mei 2014.  Kini alat-alat pendukung operasional dalam proses pengiriman ke Terminal Teluk Lamong.

"Kini sejumlah alat pendukung memang sedang dikirim ke lokasi," kata Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto di Surabaya, Jumat (11/4).

Djarwo menjelaskan, berbagai alat yang sedang dikirim ke sana adalah dua unit Ship to Shore Crane (STS), lima unit Automated Stacking Crane (ASC), dan satu unit Automotive Terminal Tractor (ATT). Seluruh alat tersebut diperkirakan mulai berdatangan di Terminal Teluk Lamong pada akhir April hingga awal Mei mendatang.

Menurut Djarwo, alat-alat pendukung operasional itu dikirim dari berbagai negara. Yakni Tiongkok, Spanyol, Finlandia, Prancis, dan Rumania..

Ia mencontohkan, STS dikirim dari Nantong, Provinsi Jiangsu, Tiongkok dan akan diberangkatkan pada tanggal 20 April 2014. Selain itu ASC akan dikirim pada 15 April 2014 melalui Dalian, Provinsi Liaoning, Tiongkok. Sedangkan ATT, saat ini dalam perjalanan menggunakan kapal dari Prancis menuju Surabaya.

Dia menambahkan, STS dan ASC memang dirakit dan difabrikasi di Tiongkok. Namun mesin dan instalasi lainnya tetap didatangkan dari Eropa.

Senior Manajer Pemeliharaan Fasilitas Pelindo III, Robby Dayoh, mengemukakan, alat-alat itu akan langsung dapat digunakan sesampainya di Surabaya kecuali ASC. Hal itu karena ASC dikirim dalam bentuk bagian terpisah dan akan dirakit di Terminal Teluk Lamong. (ant/rr/mas)

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) optimistis melakukan uji coba operasi Terminal Teluk Lamong pada pertengahan Mei 2014.  Kini alat-alat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News