IHSG Anjlok, Hatta: Bukan Karena Pemilu

IHSG Anjlok, Hatta: Bukan Karena Pemilu
IHSG Anjlok, Hatta: Bukan Karena Pemilu

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menilai melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bukan karena pelaksanaan Pemilu Legistif (Pileg) Rabu (9/4).

Menurut Hatta, melemahnya IHSG karena dipicu faktor eksternal. Seperti kondisi perekonomian dunia yang masih labil.

"Anjlok bukan karena pemilu, tapi itu ada penyebab eksternal," ucap Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (11/4).

Mantan Menteri Perhubungan itu yakin bahwa gejolak pasar akan reda dengan sendirinya. Penurunan IHSG, kata dia, bersifat sementara lantaran kepanikan yang tidak pada tempatnya.

Hatta justru berpandangan bahwa hasil pemilihan legislatif memberikan sentimen positif terhadap pasar. Sebab tidak ada kegaduhan politik yang terjadi.

"Politik memberikan signal positif dan negatif, yang pada akhirnya ukurannya kembali ke fundamental. Tapi sejauh ini positif," ulas Hatta.

Seperti diketahui, pada transaksi perdagangan Kamis (10/4) IHSG ditutup pada level 4765,73 atau melemah 155,68 poin (3,16 persen). Sebanyak 273 saham bergerak di zona merah. Sementara itu, 62 saham menguat dan 90 saham tidak ditransaksikan.

Total frekuensi perdagangan saham mencapai 367.422 kali. Dengan volume sebanyak 7,27 miliar lembar saham. Kemudian, nilai transaksi perdagangan saham mencapai Rp 12,06 triliun. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menilai melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bukan karena pelaksanaan Pemilu Legistif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News