Dapat Pulitzer, Pimred The Guardian: Ini Kerja Sama Snowden dan Wartawan

Dapat Pulitzer, Pimred The Guardian: Ini Kerja Sama Snowden dan Wartawan
The Guardian mendapatkan penghargaan Pulitzer karena laporannya soal bocoran mantan pegawai Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden. Getty Images

jpnn.com - Koran The Guardian dan The Washington Post mendapat penghargaan tertinggi dalam jurnalisme media cetak. Kedua surat kabar itu dianggap layak mendapatkan penghargaan Pulitzer karena laporannya soal bocoran mantan pegawai Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden.

"Kami sangat bangga dan bersyukur telah dihormati oleh dewan Pulitzer," kata Pemimpin Redaksi (Pimred) The Guardian Janine Gibson dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs berita organisasi yang berpusat di Inggris itu seperti yang dilansir CNN, Selasa (15/4).

Menurut laman Guardian, Senin (14/4) menjelaskan, hadiah Pulitzer diberikan oleh sekolah jurnalisme Universitas Columbia. Komite Pulitzer mengatakan the Guardian membantu publik lewat pelaporan agresif untuk memicu perdebatan tentang hubungan pemerintah dan masyarakat tentang masalah keamanan dan ruang pribadi.

Gibson lantas mengucapkan terima kasih kepada para wartawannya yang menyajikan berita lengkap atas bantuan Snowden. Kata dia, penghargaan tersebut merupakan sebuah pengakuan terhadap kerja jurnalis.

"Ini adalah hasil Edwar Snowden dan kerja wartawan sehingga mendapatkan prestasi yang tinggi dalam pelayanan publik ," pungkasnya. (awa/jpnn)

Koran The Guardian dan The Washington Post mendapat penghargaan tertinggi dalam jurnalisme media cetak. Kedua surat kabar itu dianggap layak mendapatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News