PDIP-PKB Terpopuler Usai Coblosan

PDIP-PKB Terpopuler Usai Coblosan
PDIP-PKB Terpopuler Usai Coblosan

jpnn.com - JAKARTA - Hasil hitung cepat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 yang mengubah peta politik nasional, memotivasi Lembaga survei Triliant Path mengukur tingkat popularitas partai politik peserta Pileg. Hasilnya, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menempati urutan teratas parpol terpupoler di media massa.

"Parpol terpopuler di media massa adalah PDIP, PKB, Gerindra, Golkar dan Demokrat," kata Pakar Strategi Komunikasi dan CEO Triliant Communication Ekoputro Adijayanto di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (16/4).

Namun munculnya PKB di posisi kedua paling populer di media dinilainya sebagai fenomena yang menarik. Hal tidak terlepas dari keberhasilan parpol berbasis massa Islam itu menaikkan perolehan suaranya dalam Pileg.

"Artinya, seorang Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB) dengan segala strateginya terbukti meningkatkan intensitas dibicarakan di media. Ini menarik," jelas Eko.

Analisa yang dilakukan Triliant dilakukan terhadap enam media cetak nasional, 20 media online dan enam media daerah. Analisa pemberitaan dilakukan mulai 9 April 2014 pukul 13.00 WIB hingga 15 April 2014 pukul 23.59 WIB.

"Media yang dipantau merupakan media yang tidak terafilisasi secara politik," tandasnya. Sebagai catatan, analisa ini tidak memisahkan apakah pemberitaan tersebut bersifat negatif atau positif terhadap satu parpol.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Hasil hitung cepat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 yang mengubah peta politik nasional, memotivasi Lembaga survei Triliant Path


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News