Mendag Resmikan Dua Pasar di Sumatera Barat

Mendag Resmikan Dua Pasar di Sumatera Barat
Mendag Resmikan Dua Pasar di Sumatera Barat

jpnn.com - PASAMAN - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, meresmikan Pasar Kumpulan dan Pasar Panti di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Kamis, (17/4).

Pasar kumpulan merupakan pasar percontohan pertama yang berada di Provinsi Sumatera Barat yang direvitalisasi oleh Kementerian Perdagangan.

"Diharapkan dengan diresmikannya Pasar Kumpulan dan Pasar Panti, kebutuhan masyarakat Kabupaten Pasaman dapat terpenuhi ditunjang dengan harga yang terjangkau. Dengan demikian, stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat dapat terjaga dan perputaran ekonomi masyarakat Kabupaten Pasaman dapat berkembang," ucap Lutfi dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Lutfi katakan, Kementerian Perdagangan dalam program kerjanya berkomitmen mempertahankan eksistensi dan daya saing peran pasar tradisional dengan merevitalisasi pasar tradisional.

"Kami akan terus konsisten melaksanakan revitalisasi pasar tradisional guna mengubah citra pasar tradisional dari kesan kotor, semrawut, bau, dan gersang menjadi pasar yang bersih, tertib, nyaman, sejuk, serta lebih berdaya saing selaras dengan tumbuh berkembangnya toko modern," harapnya.

Nah kalau nantinya sudah bersih dan nyaman, diharapkan masyarakat yang sudah berbelanja ke pasar modern/toko modern akan kembali beralih ke pasar tradisional.

Selain memperbaiki fisik pasar tradisional, program revitalisasi pasar tradisional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan melalui dana alokasi khusus dan tugas pembantuan juga ditujukan untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah.

Ke depan pihaknya berjanji akan terus memantau perkembangan program revitalisasi pasar, termasuk Pasar Kumpulan dan Pasar Panti. Karenanya dia berharap seluruh pemangku kepentingan, baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, maupun para pengelola pasar, pedagang, dan konsumen dapat saling bekerjasama. (chi/jpnn)

PASAMAN - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, meresmikan Pasar Kumpulan dan Pasar Panti di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Kamis, (17/4). Pasar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News