Akil Minta Uang Tiga Miliar Kepada Bupati Tapanuli Tengah

Akil Minta Uang Tiga Miliar Kepada Bupati Tapanuli Tengah
Akil Minta Uang Tiga Miliar Kepada Bupati Tapanuli Tengah

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPRD Tapanuli Tengah, Bachtiar Achmad Sibarani mengatakan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar kerap meminta dihubungkan kepada Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang. Hal ini terkait penanganan sengketa Pilkada Tapanuli Tengah.

Bachtiar menyatakan, Akil meminta nomor handphonenya usai menyambangi ke rumah Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung. Bachtiar pergi ke sana bersama Akil dan mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara Irham Buana Nasution. Namun ia tidak menjelaskan maksud kedatangan mereka ke rumah Akbar.

"‎Kami dijemput Pak Akil, naik mobil Pak Akil. Ke rumah Pak Akbar Tanjung. Pas mau pulang, Pak Akil minta nomor handphone saya. Di situ Pak Akil bilang 'kalau saya ada telepon dinda tolong diangkat ya'," kata Bachtiar saat bersaksi dalam persidangan Akil di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (17/4) malam.

Setelah itu, Bachtiar menyatakan, Akil sempat menghubunginya. Saat itu, ‎dia sedang berada di Jakarta karena ada bimbingan teknik (bimtek) DPRD di Hotel Batavia, Jakarta.

"Saat itu lagi bimtek, ada beberapa kali telepon masuk dari nomor telepon yang saya tidak kenal, jadi saya tidak angkat. Terakhir ada sms masuk yang kata-katanya menyerupai perkataan Pak Akil Mochtar," ujar Bachtiar.

Setelah tahu dari Akil, Bachtiar langsung mengangkat telepon dari nomor tersebut.‎ "Saya keluar, saya angkat. Mohon maaf pak terlambat karena saya lagi bimtek. Akil jawab jangan panggil bapak, abang saja. Akil tanya dinda di Jakarta? Bisa minta tolong menyambungkan ke Pak Bonaran?" ucap Bachtiar.

Bachtiar mengaku Akil menghubunginya beberapa kali meminta agar bisa disambungkan dengan Bonaran. ‎Setelah bisa menghubungi Bonaran, Bachtiar dipanggil Akil. Saat itu Akil menyampaikan soal permintaan uang Rp 3 miliar.

"Pak Akil cerita pengalaman dia calon gubernur, kedua calon ketua Golkar. Dia bilang minta tolong sampaikan permintaan tiga miliar. Saya jawab waktu itu, saya tidak berani," tutur Bachtiar.

JAKARTA - Anggota DPRD Tapanuli Tengah, Bachtiar Achmad Sibarani mengatakan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar kerap meminta dihubungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News