Gunung Slamet Keluarkan Letusan Abu

Gunung Slamet Keluarkan Letusan Abu
Gunung Slamet Keluarkan Letusan Abu

jpnn.com - PULOSARI - Geliat Gunung Slamet terus direkam Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Gambuhan. Di mana hingga saat ini statusnya masih waspada dan berdasarkan data yang diperoleh mulai sering terjadi letusan dengan ketinggian mencapai 800 meter.

Dari pantauan Pos Pengamatan Gambuhan, diperoleh data sejak, Rabu (16/4), terjadi letusan asap tebal berwarna kelabu. Letusan tadi terjadi sebanyak 9 kali dan ketinggiannya mencapai 600-800 meter.

Arah letusan condong ke arah timur dan terjadi di saat cuaca terang serta angin tenang. Sedangkan kegempaan yang terjadi adalah 12 kali gempa letusan dan 75 kali gempa hembusan.
 
Hari berikutnya aktifitas letusan abu pun kembali terekam dengan perbedaan pada kecondongan yang bergeser ke arah barat sebanyak 4 kali dengan ketinggian 400- 800 meter. Letusan ini condong ke arah barat dan terjadi saat Gunung Slamet teramati tidak terhalang kabut.

Sementara untuk gempa letusan terjadi sebanyak 14 kali, sedangkan gempa hembusan sebanyak 119 kali.

“Data tersebut menunujukan ada aktifitas yang belum melemah atau menurun. Sehingga statusnya sampai saat ini masih waspada radius 2 kilometer," ungkap Sukedi, pengamat Di Pos Pengamatan Gambuhan, Jumat (18/4)  

Meski begitu, ingat Sukedi, warga harus tetap waspada serta tenang menghadapi kondisi Gunung Slamet saat ini. Menurutnya, setiap ada perkembangan terkini akan terus dikabarkan kepada masyarakat agar mereka mengerti dengan keadaan dan bisa cepat menghadapi kemungkinan yang akan terjadi. (maf)


PULOSARI - Geliat Gunung Slamet terus direkam Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Gambuhan. Di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News