Targetkan Piala Soeratin Bulan Juni

Mulai Dengan Trophy Tour Ke Daerah

Targetkan Piala Soeratin Bulan Juni
Targetkan Piala Soeratin Bulan Juni

jpnn.com - JAKARTA - Kompetisi sepakbola nasional bakal semakin padat tahun ini. Bukan hanya di level kompetisi profesional seperti Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama. Ataupun ISL dengan ajang kompetisi U-21-nya, dan kompetisi non profesional bertajuk Piala Nusantara. Di tahun ini, PSSI bersiap menggulirkan Piala Soeratin kembali.

 

Piala Soeratin sejatinya merupakan program tahunan PSSI yang sudah lama mandeg. Versi PSSI, ajang ini kali terakhir dilangsungkan pada tahun 2010-2011 silam dengan Villa 2000 sebagai tim pemegang trofi terakhirnya. Ketika itu, kompetisi ini diperuntukkan untuk kelompok usia di bawah 18 tahun.

Namun, berdasarkan penelusuran Jawa Pos, ajang serupa juga pernah digelar pada 2012 dengan PSDS Deli Serdang sebagai juaranya. Bedanya, kompetisi ini untuk pemain di bawah 17 tahun.

Terlepas sudah berapa tahun kompetisi ke, di tahun ini PSSI sudah menyiapkan road map untuk kembali menggelar Piala Soeratin lagi.

Rencananya, bulan ini dan April mendatang akan dimulai dengan mengkampanyekannya lewat Soeratin Trophy Tour di kota-kota yang klubnya pernah memenangi trofi ini. Kota-kota tersebut antara lain seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Ternate, Medan, Bekasi, Sorong, Bogor, Bandung, Semarang, Mojokerto, Pasuruan, dan Bangkalan.

Secara format, Piala Soeratin kali ini tidak akan jauh berbeda dengan Piala Nusantara. Akan ada tiga tahapan yang dilalui klub, mulai dari tahap propinsi, regional, dan baru kemudian masuk ke level nasional.

"Dengan melihat persiapan kali ini, kami harapkan pada awal Juni nanti Piala Soeratin sudah bisa dimulai di tingkat Asosiasi Propinsi," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono.

JAKARTA - Kompetisi sepakbola nasional bakal semakin padat tahun ini. Bukan hanya di level kompetisi profesional seperti Indonesia Super League (ISL)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News