Walikota Bandung Bikin Sayembara

Walikota Bandung Bikin Sayembara
Walikota Bandung Bikin Sayembara

jpnn.com - BANDUNG  – Pemerintah Kota Bandung saat ini tengah fokus dalam perbaikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti di Babakan Siliwangi dan Tegalega. Namun beberapa RTH masih harus dibenahi, misalnya di Gasmin, Gedebage, dan sebagainya.

 

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat membahas mengenai penjurian RTH bersama dinas-dinas di Hotel Anggrek, Jalan Seram Bandung, kemarin (20/4).

Rencananya, desain pembenahan RTH akan dibuat sayembara. "Khusus yang akan disayembarakan itu adalah sayembara penataan Babakan Siliwangi dan kolam renang Sabuga akan kita tata ulang menjadi sesuatu yang lebih hijau. Kemudian untuk Tegalega sendiri selain untuk hutan Kota, akan ada aspek historis dan rekreasi aktif," ucap pria yang akrab disapa Emil ini.

Adapun sayembara tersebut ditujukan kepada masyarakat umum, mahasiswa, profesional, kelompok atau perorangan. Lebih lanjut Ridwan mengatakan, di Tegalega sendiri akan dilakukan dua sayembara. Pertama, sayembara pertama penataan Tegalega dan yang kedua sayembara menara Bandung.

"Khusus di Tegalega, karena sejauh ini rekreasi aktifnya tidak optimal, makanya kita akan lakukan dua sayembara. Ada sayembara penataan Tegalega dan sayembara menara Bandung landmark Kota yang bisa terlihat dari jarak jauh untuk masyarakat," tambah Ridwan.

Ia menginginkan, Tegalega menjadi ruang publik yang aktif dan dikenal sebagai kawasan instalasi seni. Sebab ia melihat konsep ruang publik di luar negeri yang bukan hanya pasif, namun juga bisa menjadi ruang aktif yang bisa dinikmati oleh warga.

"Kita ingin Tegalega itu benar-benar bisa dinikmati oleh warga dan menjadi ruang yang aktif. Sejauh ini kan masih pasif, kami mengaharapkan banyak warga yang menikmati tempat itu. Ruang aktif di kita ini kurang kebanyakannya pasif dan terbengkalai," ucapnya.

BANDUNG  – Pemerintah Kota Bandung saat ini tengah fokus dalam perbaikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti di Babakan Siliwangi dan Tegalega.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News