Akhirnya, Robot Astronot NASA Punya Kaki

Akhirnya, Robot Astronot NASA Punya Kaki
Akhirnya, Robot Astronot NASA Punya Kaki

jpnn.com - TEXAS- Robot astronot humanoid di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) milik NASA, Robonaut R2, akhirnya menerima bagian kakinya sebagai pelengkap. Bagian tubuh robot astronot ini dikirimkan melalui wahana SpaceX dan menandai tonggak baru keberadaan robotika humanoid di luar angkasa.

Sebelumnya, Robonaut R2 hanya berupa batang tubuh, kepala dan lengan. Dia dilekatkan dalam sebuah media pendukung dan telah beroperasi di ISS selama tiga tahun. Kaki baru R2 dikirimkan Minggu pagi (20/4).

Menurut laman RT, robot R2 bakal membantu kru ISS dalam tugas-tugas rutin dan berulang baik di dalam maupun pekerjaan di luar stasiun, seperti kegiatan pembersihan dan mengambil sesuatu.

"Keberadaan kaki baru ini akan membuka cakrawala baru bagi robot ini," kata Robert Ambrose dari NASA Johnson Space Center di Houston.

Setiap kaki memiliki panjang 1,2 meter dan akan memungkinkan Robonaut naik dan bergerak di sekitar stasiun antariksa internasional yang berada 420 km dari Bumi. Secara keseluruhan NASA telah mengeluarkan dana sekitar USD 17 juta untuk proyek Robonaut.

R2 sendiri akan terbatas aktivitasnya hingga mendapatkan baterai terbaru akhir tahun ini. Robot itu merupakan proyek NASA dan General Motor dalam waktu 15 tahun. Nantinya, R2 ini akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berisiko tinggi bagi manusia, terutama berjalan di luar angkasa. (esy/jpnn)


TEXAS- Robot astronot humanoid di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) milik NASA, Robonaut R2, akhirnya menerima bagian kakinya sebagai pelengkap.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News