Istri Wagub Sumut Keok

Istri Wagub Sumut Keok
Istri Wagub Sumut Keok

jpnn.com - MEDAN - Caleg incumbent berguguran. Di DPRD Sumut, khususnya dari daerah pemilihan Sumut 4 yang meliputi Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai, caleg incumbent dari Partai Golkar, Hj Evi Diana keok. Istri Wakil Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi, itu harus merelakan kursi empuk di gedung dewan diraih caleg lain.

Kekalahan Evi Diana ini sejatinya jauh dari prediksi. Pasalnya, selain incumbent, Evi merupakan istri Erry Nuradi yang notebene pernah menjabat bupati di Serdang Bedagai selama dua periode.

Nah, meski Erry Nuradi tidak menghabiskan periode terakhirnya sebagai bupati, namun dia malah terpilih sebagai wagub. Artinya, Evi Diana yang berada di nomor urut 3 memiliki kans besar untuk tampil kedua kalinya di DPRD Sumut.

Namun, perempuan yang lahir 11 Oktober 1969 ini harus menerima kenyataan. Pasalnya dari Dapil Sumut 4 hanya menyediakan 5 kursi di DRPD Sumut. Evi dikalahkan rekan separtainya yang menghuni nomor urut satu Indra Alamsyah.

Perolehan suara Indra luar biasa yakni 26.320 suara. Perolehan ini jauh meninggalkan empat caleg lain yang lolos. Setelah Indra, ada Ramses Simbolon dari Partai Gerindra dengan     15.581 suara, disusul Zulfikar dari PKS dengan 15.958 suara, Wasner Sianturi (PDIP)  12.993 suara, dan Hartoyo (Demokrat)  dengan 7.656 suara.

Kemarin, dalam rapat pleno terbuka KPI Sumut di Grand Angkasa, secara keseluruhan belum dapat diketahui partai mana yang mendapatkan kursi terbanyak untuk DPRD Sumut. Pasalnya pilihan rekapitulasi dari Kabupaten/Kota tidak berurutan sesuai dapil.

KPU Sumut mengurutkan prosesnya berdasarkan urutan kehadiran KPU Kabupaten/Kota. Hal ini dikatakan Komisioner KPU Sumut Yulhasni disela Rapat Pleno.  "Ya kita urutkan mana yang lebih dulu hadir dan siap datanya," katanya.

Dengan kata lain, dari untuk rekapitulasi yang sudah selesai hingga kemarin baru dapil Sumut 1 untuk DPR RI. Sedangkan untuk DPRD Sumut yang telah direkap adalah Sumut 1 (Medan A), Sumut 2 (Medan B), Sumut 3 (Deliserdang), Sumut 4 (Tebingtinggi-Serdang Bedagai), Sumut 11 (Karo-Pakpak Bharat-Dairi), dan Sumut 12 (Langkat-Binjai). (iqb/ril/rbb)

MEDAN - Caleg incumbent berguguran. Di DPRD Sumut, khususnya dari daerah pemilihan Sumut 4 yang meliputi Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Serdang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News