Ini Tantangan Mengatasi Kemiskinan di Indonesia

Ini Tantangan Mengatasi Kemiskinan di Indonesia
Ini Tantangan Mengatasi Kemiskinan di Indonesia

jpnn.com - TERNATE - Menurunkan angka kemiskinan merupakan salah satu prioritas utama sesuai rencana kerja pemerintah per September 2013 sebesar 11,47 persen. Salah satunya, melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

“Jelas hal itu merupakan prestasi dan bukti nyata dari kerja keras yang selama ini dilakukan,” kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri pada Rapat Koordinasi Tingkat Pusat PKH Tahun 2014 di Hotel Bella International, Maluku Utara, Selasa (6/5).

Tahun ini, tantangan yang dihadapi semakin berat melihat berbagai kondisi kemiskinan ditambah faktor yang memengaruhi kondisi tersebut. Dibutuhkan upaya percepatan dan perluasan pengurangan kemiskinan dengan beberapa tantangan, di antaranya: Pertama, rendahnya kualitas sumber daya manusia anak dan kelompok usia muda miskin. Kedua, belum ada sistem perlindungan sosial yang komprehensif. Ketiga, adanya kelompok yang mengalami ketersisihan sosial atau social exclusion.

Keempat, kesenjangan antarwilayah dan antarkelompok sosial yang tinggi. Kelima, perubahan iklim dan degradasi daya dukung lingkungan. Keenam, ketidaksetaraan gender dan perbedaan ke dalam kemiskinan dan kerentanan antara perempuan dan laki-laki, serta antarkelompok umur.

“Saya optimis, berbagai tantangan berat itu mampu diatasi dan dilewati bersama-sama, ” ujarnya.

Semangat kemitraan lintas sektor yang tinggi, menjadikan tantangan dan kendala yang dihadapi, seperti kekurangan sumber daya manusia (SDM) dan ketersediaan sarana dapat diantisipasi melalui kerja sama di berbagai tingkatan.

Saat ini, masih banyak kekurangan yang membutuhkan perhatian serius dari semua pihak. Seperti cakupan PKH masih terbatas, sehingga dampak program terhadap pengurangan kemiskinan dan kesenjangan kurang signifikan. Pada tataran pelaksanaan fungsi pendampingan masih terkendala oleh rasio jumlah personil dan kapasitas kemampuan yang sangat dipengaruhi kondisi geografis dan mekanisme pengembangan kapasitas.

Program komplementaritas dalam PKH belum terintegrasi dengan baik. Padahal, peningkatan sumber daya tidak hanya diperlukan bagi anak peserta PKH saja, melainkan dibutuhkan juga untuk rumah tangga atau keluarga secara keseluruhan.

TERNATE - Menurunkan angka kemiskinan merupakan salah satu prioritas utama sesuai rencana kerja pemerintah per September 2013 sebesar 11,47 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News