Satelit Komunikasi Milik Rusia Jatuh

Satelit Komunikasi Milik Rusia Jatuh
Satelit Komunikasi Milik Rusia Jatuh

jpnn.com - SEBUAH roket milik Rusia, Proton-M, yang membawa satelit komunikasi Express AM4R jatuh di wilayah Kazakhstan, Jumat waktu setempat (16/5).

Menurut Kepala Badan Antariksa Nasional Rusia (Roscosmos), Oleg Ostapenko, insiden ini terjadi sekitar sembilan menit setelah roket tersebut meluncur.

Sebagaimana dilansir Itar Tass (Sabtu, 17/5), Ostapenko menduga jatuhnya roket mungkin disebabkan akibat kegagalan salah satu mesin kemudi. Ia juga mengatakan roket dan semua puing-puing hangus terbakar di atmosfer.

Jatuhnya roket Proton ini sempat menghebohkan warga Tiongkok, negara yang berbatasan langsung dengan Kazakhstan. Beberapa saksi mata di Provinsi Heilongjiang melihat ‘bola api’ di langit sebelum benda itu jatuh.

Ini merupakan insiden kedua kalinya yang dialami Proton dalam waktu satu tahun. Pada bulan Juli 2013, sebuah roket Proton juga meledak setelah meluncur di atas wilayah Kazakhstan. (spt/rmol)

SEBUAH roket milik Rusia, Proton-M, yang membawa satelit komunikasi Express AM4R jatuh di wilayah Kazakhstan, Jumat waktu setempat (16/5). Menurut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News