Astronom Menduga Alien Ada di Galaksi Bimasakti

Astronom Menduga Alien Ada di Galaksi Bimasakti
Astronom Menduga Alien Ada di Galaksi Bimasakti

jpnn.com - TEXAS--Para ilmuwan astronomi sejak lama memburu planet-planet yang mampu mendukung kehidupan. Salah satu syarat kondisi itu adalah keadaan ideal planet dari bintang induknya dan juga tersedianya air.

Dalam pencarian planet-planet di galaksi lain, para ilmuwan mulai beralih ke galaksi Bimasakti.  Dengan jutaan planet yang ada di galaksi Bimasakti terbuka kemungkinan masing-masing dipenuhi dengan bentuk-bentuk kehidupan yang kompleks.

"Di satu sisi, tampaknya sangat tidak mungkin kita sendirian. Namun pertemuan dengan bentuk (alien) tersebut mungkin tidak dalam waktu dekat ini," kata Louis Irwin, profesor emeritus di University of Texas di El Paso, seperti dimuat rt, (1/6).

Tim peneliti tiba pada kesimpulan itu setelah memeriksa lebih dari 1.000 eksoplanet terkait karakteristik tertentu seperti usia, komposisi kimia, kepadatan, suhu dan jarak dari bintang induknya.

Dari informasi yang tersedia, peneliti membuat ukuran "indeks kompleksitas biologis" (BCI) yang berkisar antara 0 - 1,0. Agka indeks ditentukan oleh jumlah dan tingkat karakteristik penting untuk mendukung berbagai bentuk kehidupan multisel.

"Planet dengan nilai BCI tertinggi cenderung lebih besar, lebih hangat , dan lebih tua dari Bumi," tambah Irwin.

Ada sekitar 10 miliar bintang di Bimasakti, dan rata-rata bintang memiliki planet, yang berarti ada sekitar 100 juta planet kemungkinan memiliki beberapa bentuk kehidupan yang kompleks.

Hambatan utama bagi para astronom dalam membuktikan teori mereka adalah jarak yang jauh antara bumi dan tata surya berikutnya . Yang paling dekat adalah sistem Gliese 581, berjarak 20 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak yang diperlukan seberkas cahaya berjalan dalam satu tahun. (esy/jpnn)

TEXAS--Para ilmuwan astronomi sejak lama memburu planet-planet yang mampu mendukung kehidupan. Salah satu syarat kondisi itu adalah keadaan ideal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News