Punya Bebatuan, Planet Godzilla Dinilai Mirip Bumi

Punya Bebatuan, Planet Godzilla Dinilai Mirip Bumi
Planet Godzilla. Foto: Int

jpnn.com - PARA Ilmuwan menemukan sebuah planet yang dinilai punya kemiripan dengan Bumi. Planet yang diberi nama Godzilla itu punya daratan yang terbentuk dari bebatuan.

Planet ini diberi nama Godzilla karena memiliki ukuran yang sangat besar, yakni 17 kali lebih besar dibanding Bumi. Godzilla juga sudah sangat berumur, yakni 11 miliar lebih tua dibanding Bumi.

"Ini adalah Godzilla dari Bumi. Tapi tidak seperti raksasa yang ada di film, Kepler-10c (Godzilla Planet) memiliki implikasi positif bagi kehidupan," kata Dr Dimitar Sasselov, dari Harvard Smithsonian Centre for Astrophysics (CFA) seperti dilansir Daily Mail, Selasa (3/6).

Namun jangan berharap bisa tinggal di planet ini. Pasalnya, Kepler-10c terlalu dekat dengan bintang induknya.

Selain itu gravitasi di Planet Godzilla juga cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan Bumi, gravitasi di planet dua kali lebih besar. Ilmuwan juga menemukan bahwa planet ini mengelilingi bintang induknya (seperti Bumi mengelilingi Matahari) di konstelasi Draco, setiap 45 hari.

Planet ini awalnya ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Kepler NASA. Dengan mengukur jumlah peredupan, astronom dapat menghitung ukuran fisik planet.

Tapi pengamatan yang dilakukan dari Teleskop Galileo Nasional Italia di Kepulauan Canary menegaskan bahwa Kepler-10 c memiliki 17 kali massa Bumi. Ini membuktikan bahwa Planet Godzilla terbuat dari batuan padat, seperti Bumi .

"Kami sangat terkejut saat menyadari apa yang kita telah menemukan," kata astronom Dr Xavier Dumusque, yang juga merupakan peneliti dari Harvard Smithsonian Centre for Astrophysics. (abu/jpnn)

PARA Ilmuwan menemukan sebuah planet yang dinilai punya kemiripan dengan Bumi. Planet yang diberi nama Godzilla itu punya daratan yang terbentuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News