Demam Piala Dunia, Gorontalo Gelar Karnaval

Demam Piala Dunia, Gorontalo Gelar Karnaval
Demam Piala Dunia, Gorontalo Gelar Karnaval

jpnn.com - GORONTALO - Demam Piala Dunia 2014) di Brazil  mempengaruhi pelaksanaan karnaval budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango  Provinsi Gorontalo, Minggu (8/6).

Pagelaran budaya bertajuk Ayula Karnaval 2014 itu mengangkat tema Word Cup 2014. Tak heran, para peserta karnaval dengan balutan busara karawo menampilkan motif bendera peserta pesta sepak bola sejagad itu.

Pelaksanaan Ayula Karnaval yang dilangsungkan di desa Ayula, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango itu berlangsung sederhana, namun cukup menyedot perhatian warga.

Karnaval ini adalah yang pertama kali digelar. Uniknya, semua karawo disulam merepresentasikan negara peserta piala dunia.

Misalnya saja negara Prancis dengan symbol ayam jantannya disulam sedemikan rupa dan diperagakan para putra-putri Bonbol, termasuk negara Spanyol, Jepang hingga Korea.

Puluhan model menggunakan karawo yang telah dirancang khusus itu. Sekaligus menggaungkan pesta sepak bola dunia. Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengapresiasi pelaksanaan karnaval ini.

"Tahun depan karnaval ini harus digelar lagi, tentu dengan kemasan yang lebih menarik dan lebih spektakuler," kata Bupati Hamim Pou.

Mantan wartawan ini mengatakan, melestarikan karawo harus dilakukan, termasuk dalam gelaran karnaval, apalagi menurut Hamim, karawo disebut-sebut berasal dari Ayula, Bone Bolango. (tr-23)


GORONTALO - Demam Piala Dunia 2014) di Brazil  mempengaruhi pelaksanaan karnaval budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News