Jelang Libur Panjang, Permohonan Paspor Stagnan

Jelang Libur Panjang, Permohonan Paspor Stagnan
Jelang Libur Panjang, Permohonan Paspor Stagnan

jpnn.com - PONTIANAK – Mendekati musim liburan sekolah, permintaan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I A Pontianak ternyata tidak meningkat.

Kepala Seksi Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Pontianak, Hasanin mengatakan permohonan pembuatan dokumen identitas perjalanan antarnegara tersebut cenderung tetap dibanding bulan-bulan seperti ini.

Meskipun tidak meningkat suasana kantor imigrasi tetap ramai oleh masyarakat yang ingin membuat maupun memperpanjang paspornya.

“Kalimantan Barat, khususnya Pontianak ini pada musim liburan biasanya sama saja dengan bulan-bulan sebelumnya. Karena kondisi di sini berbeda dengan di Jawa. Di sini kita berbatasan langsung dengan negara tetangga, jadi masyarakat membuat paspor sudah sejak jauh-jauh hari, sehingga siap berangkat kapan saja,” ungkapnya kepada Pontianak Post (Grup JPNN), Selasa (10/6).

Di Jawa dan daerah-daerah lainnya, lanjut dia, permintaan pembuatan paspor akan meningkat signifikan saat menjelang musim liburan sekolah dan musim haji.

Menurut Hasanin, rata-rata setiap harinya Kantor Imigrasi Pontianak mampu menyelesaikan 150-an paspor baru. Sementara kuota yang diberikan Imigrasi pusat kepada Kantor Imigrasi Pontianak adalah 175 paspor per hari. Biaya pembuatan paspor untuk yang 48 halaman adalah Rp 255 ribu, dan paspor 24 halaman 105 ribu. Meskipun paspor 24 halaman jauh lebih murah biaya pembuatannya, namun peminatnya sangat sedikit.

“Pembuat paspor 24 halaman hanya satu persen saja. Hampir semuanya ingin yang membuat 48 halaman. Ini karena imej bahwa paspor 24 halaman itu diperuntukkan untuk TKI. Padahal tidak seperti itu. Paspor 24 halaman itu untuk siapa saja dan biaya pembuatannya lebih efesien, terutama untuk mereka yang jarang pergi ke luar negeri,” papar dia.

Sementara untuk kedatangan warga negara asing yang datang ke Kalbar, Badan Pusat Statistik mencatat mengalami penurunan.

PONTIANAK – Mendekati musim liburan sekolah, permintaan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I A Pontianak ternyata tidak meningkat. Kepala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News