Jelang Ramadan, Marak Penyelundupan Daging Babi ke Jawa

Jelang Ramadan, Marak Penyelundupan Daging Babi ke Jawa
Jelang Ramadan, Marak Penyelundupan Daging Babi ke Jawa

jpnn.com - GUNUNGSUGIH - Kedatangan bulan suci Ramadan ternyata membuat aksi penyelundupan daging babi kian gencar. Beberapa kasus yang berhasil diungkap sebelumnya tidak membuat para penyelundup jera.

Hal ini tergambar dari penangkapan 1,1 ton daging babi ilegal yang dilakukan Polres Lampung Tengah, Sabtu (14/6) pukul 23.00 WIB. Daging yang tanpa dilengkapi surat-surat ini diamankan dari bus Setia Negara bernomor polisi E 7563 YC. Bus ini diberhentikan petugas ketika Operasi Krakatau di depan Mapolres Lamteng.

"Upaya penyelundupan sekitar 1 ton lebih daging babi ini dengan modus disimpan dalam bagasi mobil bercampur barang bawaan para penumpang," ujar Kasatreskrim Polres Lamteng AKP Harto Agung Cahyono ketika ekspose kemarin (15/6).

Menurutnya, daging itu dikemas dalam 11 karung ukuran 100 kilogram yang disimpan di bagasi belakang dan samping bus. Terungkapnya kasus penyelundupan daging babi ini, lanjut Harto, terjadi ketika petugas tengah menggelar Operasi Krakatau yang dipimpin langsung Kabag Ops. Kompol Irwan Yuli. Ketika itu, sopir bus Setia Negara, Wartim Marto, tidak dapat menunjukkan dokumen perjalanan.

"Sopir memang memiliki surat keterangan kesehatan hewan, tapi diduga palsu serta tidak sesuai dengan keterangan dan jumlah barang yang dibawa," katanya.

Dari pemeriksaan, lanjut Harto, Wartim mengaku tidak mengetahui paket kiriman yang berisi daging babi itu. Akhirnya, petugas tidak melakukan penahanan. Aparat juga khawatir dengan puluhan penumpang bakal telantar jika pemeriksaan terus dilakukan.

Harto menduga, daging babi itu akan dioplos dengan daging sapi untuk mengelabui konsumen. Ini karena menjelang Ramadan, biasanya permintaan akan melonjak dan harga ikut naik.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Sementara, 1,1 ton daging babi ini diamankan di Balai Karantina untuk kemudian dimusnahkan," ungkapnya.

GUNUNGSUGIH - Kedatangan bulan suci Ramadan ternyata membuat aksi penyelundupan daging babi kian gencar. Beberapa kasus yang berhasil diungkap sebelumnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News