Disurati Malaysia, RI Pastikan Asap Segera Diatasi

Disurati Malaysia, RI Pastikan Asap Segera Diatasi
Asap kembali menyelimuti wilayah Riau dan sekitar. Kondisi ini memicu protes dari negara tetangga Malaysia. Foto: DOK JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Malaysia telah mengirim surat protes pada pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup terkait bencana asap dari wilayah Riau dan sekitarnya. Menanggapi itu, Menkokesra Agung Laksono menyatakan saat ini pemerintah tengah berusaha agar bencana asap itu tidak terus menyebar.

"Kita kan berusaha terus, apalagi ini nanti berkembang terus ini dengan el nino ini. Sekali lagi saya harap masyarakat ikut membantu. Yang punya lahan jangan membakar lahannya," kata Agung di kompleks Istana Wapres, Jakarta, Kamis (26/6).

Agung tidak sepenuhnya menyalahkan pemerintah daerah Riau atas pembakaran lahan dan hutan tersebut. Menurutnya, peristiwa ini kembali terjadi karena lemahnya penegakan hukum terhadap pelaku. Dalam hal ini pengusaha yang membiayai petani untuk membakar lahan tersebut.

"Pemprov juga sudah bekerja maksimal. Ini balik lagi ke penegakan hukum. Jangan petaninya, tapi orang-orang yang biayai itu yang harus dikejar," tegas Agung.(flo/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah Malaysia telah mengirim surat protes pada pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup terkait bencana asap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News