Jalur Prestasi Minim Pendaftar

Jalur Prestasi Minim Pendaftar
Jalur Prestasi Minim Pendaftar

jpnn.com - KESAMBI - Pendaftaran PPDB online sudah berjalan selama empat hari. Dari tiga jalur yang dibuka (gakin, prestasi, akademik) jalur prestasi masih minim pendaftar.

Sekretaris PPDB SMAN 5 Kota Cirebon Muhammad Rusman mengatakan, pihaknya belum menerima satu orang pun siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi.

"Untuk jalur prestasi di sekolah kami (SMAN 5) belum ada yang masuk," ucapnya kepada Radar Cirebon (JPNN Group), kemarin (4/7).

Menurutnya, saat ini jumlah pendaftar PPDB melalui jalur akademik di SMAN 5 Kota Cirebon sudah ada sebanyak 450 siswa, terdiri dari pilihan pertama 150 siswa dan pilihan kedua 300 siswa. Sementara untuk jalur gakin jumlah pendaftar sementara sebanyak 45 orang. Dia memprediksi pendaftar dari jalur prestasi akan mulai ramai pekan depan.

Jalur prestasi sendiri, lanjut Rusman, harus mengantongi verifikasi dari UPTD PORS untuk prestasi di bidang olahraga. Sedangkan untuk prestasi di bidang seni dan ekstrakulikuler harus diverifikasi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon.

Terpisah, Kepala UPTD PORS Kota Cirebon Odik SPd MPd menyebutkan pihaknya sudah mengeluarkan sebanyak 270 rekomendasi buat para siswa yang berprestasi. Ia menjelaskan rekomendasi itu terdiri dari siswa SD ke SMP sebanyak 130 orang, dan siswa SMP ke SMA sebanyak 140 orang.

"Sampai saat ini hanya ada 5 orang warga luar kota, semuanya mayoritas warga Kota Cirebon," terang Odik.

Ia menyebut dalam aturan perwali yang diterjemahkan dalam juknis dan juklak PPDB, dikatakan bahwa siswa warga luar kota juga bisa mendaftar PPDB dengan persyaratan yang cukup ketat.

KESAMBI - Pendaftaran PPDB online sudah berjalan selama empat hari. Dari tiga jalur yang dibuka (gakin, prestasi, akademik) jalur prestasi masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News