Latihan CAT CPNS Bisa Online

Latihan CAT CPNS Bisa Online
Latihan CAT CPNS Bisa Online

jpnn.com - JAKARTA - Para peminat kursi CPNS 2014 yang tinggal di daerah-daerah yang tak terjangkau dengan kegiatan simulasi penggunaan Computer Assisted Test (CAT) untuk tes CPNS yang digelar KemenPAN-RB, tak perlu berkecil hati.

Dengan duduk manis di rumah, atau minimal di warnet, calon pelamar CPNS bisa latihan menggunakan CAT secara online, yakni dengan membuka situs resmi www.bkn.go.id.

Dalam tampilan simulasi CAT ini, soal-soal ujian yang disodorkan juga standar tes CPNS yang sesungguhnya. Terdapat 30 soal pilihan, dengan waktu yang dibatasi. Begitu selesai, skor atau nilai, bisa langsung diketahui. Wartawan koran ini sudah mencoba simulasi CAT secara online itu.

Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman menjelaskan, simulasi CAT yang bisa diakses secara online ini bertujuan agar sebanyak mungkin calon peserta tes bisa tahu model CAT lebih awal.

Jika simulasi hanya dilakukan di beberapa kota saja dan jumlah pesertanya terbatas, maka itu dirasa tidak adil.

Dijelaskan, simulasi CAT ini penting agar peserta tes CPNS bisa lebih siap. Terlebih lagi, dari simulasi di beberapa kota, diketahui nilai peserta mayoritas masih jeblok.

MenPAN-RB Azwar Abubakar menyebut, dari pengalaman simulasi yang sudah digelar sebelumnya, banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya  tinggi. Umumnya, mereka unggul di salah satu kelompok soal, tetapi jatuh di kelompok soal lainnya.

“Ini harus menjadi perhatian. Usahakan agar masing-masing kelompok soal memenuhi passing grade, dengan skor maksimal,” pesan menteri.

JAKARTA - Para peminat kursi CPNS 2014 yang tinggal di daerah-daerah yang tak terjangkau dengan kegiatan simulasi penggunaan Computer Assisted Test

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News