Getaran Tsunami 2011 Tak Pernah Berhenti

Getaran Tsunami 2011 Tak Pernah Berhenti
Getaran Tsunami 2011 Tak Pernah Berhenti

jpnn.com - TOKYO - Gempa bumi berkekuatan 6, 8 skala Richter (SR) mengguncang Jepang kemarin pagi (12/7). Getaran cukup kuat di sepanjang pesisir timur laut Jepang itu langsung membunyikan sinyal peringatan tsunami. Ribuan orang di delapan kota sempat mengungsi. Tetapi, selang dua jam kemudian, pemerintah mencabut peringatan tsunami.

"Ini merupakan reaksi tektonik gempa 9 SR yang membuat PLTN Fukushima bocor pada Maret 2011 lalu," terang Yasuhiro Yoshida, seismolog dari Badan Meteorologi Jepang.

Dia menambahkan, sejak guncangan mahadahsyat yang memicu tsunami setinggi sekitar 40 meter itu terjadi, getaran di dalam perut bumi sebenarnya tidak pernah berhenti.

"Dalam skala jangka panjang, aktivitas tektonik pascagempa memang sudah sangat jauh berkurang. Tetapi, gempa susulan dan tsunami masih mungkin terjadi," paparnya.

Karena itu, Yoshida memperingatkan seluruh masyarakat Jepang agar tetap waspada. Terutama yang tinggal di sekitar pesisir. Sebab, terdapat potensi gelombang tsunami.

Kemarin tsunami setinggi 20 sentimeter sempat menghampiri pesisir Ishinomaki Ayukawa dan Ofunato sekitar 50 menit setelah gempa. Yoshida menyatakan, gempa bumi kemarin berada pada skala 4. Di Jepang, skala gempa bumi berkisar dari angka 1 sampai 7.

"Masih akan muncul beberapa gempa susulan berskala 3 dalam waktu dua pekan mendatang," ungkapnya.

Gempa bumi yang terjadi pukul 04.22 itu berpusat di dasar laut yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Fukushima. Meski demikian, guncangan karena gempa terasa hingga ke Kota Tokyo yang berjarak sekitar 250 kilometer dari episentrum. Gempa bumi dan tsunami kecil itu mengakibatkan sedikitnya tiga orang terluka. Tetapi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (AP/AFP/hep/c15/tia)


TOKYO - Gempa bumi berkekuatan 6, 8 skala Richter (SR) mengguncang Jepang kemarin pagi (12/7). Getaran cukup kuat di sepanjang pesisir timur laut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News