Posting di Facebook, Delapan Remaja Dipenjara

Posting di Facebook, Delapan Remaja Dipenjara
Posting di Facebook, Delapan Remaja Dipenjara. Getty Images

TEHERAN - Malang nian nasib delapan remaja aktivis Iran ini. Maksud hati ingin mengkritik pemerintah melalui media sosial, namun ternyata berakhir di penjara. Pemerintah Iran menangkap dan mengadili mereka. Delapan remaja yang namanya tidak disebutkan tersebut dihukum 11-21 tahun.

 

Mereka berasal dari beberapa wilayah. Antara lain, Teheran, Yazd, Shiraz, Abadan, dan Kerman. Meski berat, hukuman mereka belum harga mati. Delapan remaja itu masih bisa naik banding untuk meringankan hukuman atau meminta bebas.

 

"Delapan remaja ini dihukum dengan tuduhan telah bertindak melawan keamanan nasional, propaganda anti pemerintah, dan menghina nilai-nilai agama serta para pemimpin Iran melalui halaman Facebook milik mereka," ujar pihak pengadilan.

 

Kasus tersebut bukan kali pertama terjadi di Iran. Pada Mei lalu, delapan orang juga dipenjara 7-20 tahun. Tuduhannya sama, yaitu propaganda antirezim pemerintah yang di-posting di Facebook.

 

TEHERAN - Malang nian nasib delapan remaja aktivis Iran ini. Maksud hati ingin mengkritik pemerintah melalui media sosial, namun ternyata berakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News